Jangan Sekedar Cari Peruntungan

Jangan Sekedar Cari Peruntungan

MENGIKUTI tes seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) diperlukan persiapan matang. Kesempatan tak datang dua kali. Terlebih setelah beberapa tahun moratorium penerimaan CPNS, baru kali ini dilaksanakan penerimaan lagi.

Pimpinan Corien Centre Bengkulu, Dr Hc Miswari Swasono, mengatakan sering kali peserta tes CPNS tak mempersiapkan secara matang. Tes CPNS dianggap sekedar untung-untungan. Sehingga tidak melakukan persiapan, mencoba latihan soal, dan memperbanyak mengupdate informasi yang berhubungan dengan soal-soal CPNS.

Padahal, untuk saat ini tes CPNS sudah menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). Peserta harus mempelajari materi tes kompetensi dasar yang meliputi banyak seperti pengetahuan umum, matematika, bahasa inggirs dan ilmu lainnya.

\"Peserta harus mulai mempersiapkan diri banyak belajar dan latihan-latihan mengenai soal-soal CPNS, karena tes ini juga memerlukan ketangguhan penguasaan materi, dan juga hapalan,\" ujar Miswari. Hal lain yang perlu diingat, pada waktu mengerjakan soal harus diperhatikan, jangan sampai peserta malah kehabisan waktu, pahami dan cermati soal dengan cermat.

\"Selain itu persiapan mengikuti tes CPNS juga tidak hanya menyangkut materi ujian, tetapi juga harus menyiapkan fisik mental dan kesiapan psikologi, agar saat mengerjaan soal peserta benar-benar mampu dan siap, dan jangan lupa untuk berdoa,\" katanya.

Kemudian peserta juga harus familiar dan tahu teknologi dalam hal ini komputer, jangan sampai peserta malah tidak paham dan menguasai komputer, karena ini bisa fatal, kalau peserta tidak memahami tes menggunakan sistem CAT. \"Peserta tes CPNS harus paham pakai komputer, nanti tesnya kan sistem CAT, persiapkan sejak dini,\" tambah Miswari.

Aspek lainnya yang harus dipersiapkan peserta menghadapi ujian tes CPNS adalah peralatan misalnya pensil 2B, ketelitian mengisi data di lembar jawab komputer. Persiapan sebelum tes misalnya sarapan, dan jangan datang terlambat. \"Selanjutnya peserta dalam mengerjakan soal harus tenang jangan terburu-buru, konsentrasi sangat diperlukan dalam menghadapi tes ini,\" jelas Miswari.

Selain itu, peserta tes CPNS yang akan mengikuti ujian, sebaiknya istirahat yang cukup, karena kebugaraan tubuh juga sedikit banyak akan memegaruhi konsentrasi peserta saat mengerjakan soal-soal. Pihaknya juga berharap panitia tidak memberikan persyaratan-persyaratan yang sulit bagi peserta untuk mengikuti tes CPNS.

Lembaga pemerintah juga harus mendukung dan memberikan kemudahaan bagi peserta yang akan mengurus persyaratan menjadi peserta CPNS, jangan sampai peserta malah dibebankan dengan persyaratan yang berat bahkan sering dipungut biaya.

\"Karena terkadang ada persyararan yang rumit, disertai pungutan biaya, tentunya akan memberatkan peserta. Kalau bisa peserta jangan dibebankan dengan persyaratan-persyaratan yang rumit dalam pengurusannya,\" tutupnya.(999)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: