Sidomulyo Kampung Zakat

Sidomulyo Kampung Zakat

SELUMA SELATAN,Bengkulu Ekspress - Kelurahan Sidomulyo, Kecamatan Seluma Selatan, dijadiakan Pilot Project Kampung Zakat ke Lima se-Indonesia. Kampung zakat ini satu-satunya di Provinsi Bengkulu. Kampung Zakat Kelurahan Sidomulyo ini diresmikan Dirjen Bimas Islam Prof Dr Muhamadiyah Amin MA, yang diwakili Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf HM Fuad Nassar, kemarin (28/8). \"Kita tetapkan Kabupaten Seluma ini sebagai Pilot Project Kampung Zakat, yang pusatnya di Kelurahan Sidomulyo,\" terang Fuad dalam sambutannya. .

Dipilihnya Kelurahan Sidomulyo sebagai Kampung Zakat di Provinsi Bengkulu, didasarkan atas data penduduk miskin yang masih cukup tinggi di Kabupaten Seluma. Besar harapan dengan adanya kampung Zakat di Kelurahan Sidomulyo ini dapat mengurangi dan menekan angka kemiskinan di Kabupaten Seluma.

\"Kedepan kita buat program untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Seluma. Program yang digulirkan nanti berupa bantuan modal usaha juga ada bedah rumah,\" katanya.

Selain itu, juga ada kegiatan renovasi masjid, bantuan pendidikan dan kegiatan sosial lainnya. Program yang sudah direncanakan harus berjalan. Setiap tiga tahun sekali dievaluasi kemajuan dan perkembangannya.

Pengurus Harian Forum Zakat Nasional Nanang Ismohartoyo menyampaikan, Kampung Zakat Kelurahan Sidomulyo ini sebagai Tonggak kemajuan dan kesejahteraan masyarakat, khususnya di Kabupaten Seluma.

\"Sesuai harapan dan tujuan dibentuknya Kampung Zakat ini adalah untuk memajukan taraf kehidupan masyarakat melalui program yang digagas dan dijalankan, yang sumber dananya berasal dari Zakat yang dibayarkan masyarakat,\" ucapnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Kemenag Seluma Drs H Herman Yatim MM, juga menyambut baik dan mendukung kampung zakat ini. Harapannya bisa memberikan kesadaran bagi masyarakat dalam membayar zakat, yang secara otomatis turut serta membantu dan mendukung kesejahteraan masyarakat. \"Jadi mulai sekarang kita galakan gerakan membayar zakat, untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat,\" sampainya.

Dari data Dirjen Bimas Islam melalui Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf telah terkumpul zakat sebesar Rp 2,8 miliar se-Indonesia. Dari jumlah itu, Rp 2,4 Miliar telah disalurkan kepada masyarakat melalui kampung zakat yang ada di Indonesia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: