75,3 Ton Bibit Pajale Dibagikan

75,3 Ton Bibit Pajale Dibagikan

TAIS,Bengkulu Ekspress - Setelah ditunggu sekian lama, akhirnya bantuan bibit jagung untuk program khusus padi, jagung dan kedelai (Pajale) dibagikan. Pajale dibagikan kepada 25 kelompok tani (poktan) penerima program Usus Pajale di Kabupaten Seluma. Penyerahan bibit ini dilakukan langsung di Kantor Dinas Pertanian (Distan) Seluma, mulai Selasa (7/8), yang dikordinir langsung Dinas Pertanian (Distan) Provinsi Bengkulu.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Seluma Marah Halim SP MP MSi mengatakan, pembagian bibit ini setelah ususlan yang disampaikan ke Kementan oleh Distan Seluma sudah diakomodir. Sehingga bibit padi, jagung dan kedelai yang telah diterima ini langsung dibagikan ke poktan penerima program ini.

‘’Penyerahannya telah kita mulai Selasa (7/8) dan hingga hari ini (kemarin,red), masih dilakukan pembagian bibit tersebut kepada Poktan penerimanya,’’ terangnya.

Dijelaskan Kadistan, bibit Jagung disediakan sebanyak 75,3 Ton untuk 5,2 ribu hektar lahan. Sedangkan untuk bibi Padi diperuntukan untuk lahan seluas 1,88 ribu hektare dengan bibit yang disiapkan sebanyak 1,5 Ton. Selanjutnya untuk bibit Kedelai, bibit yang disediakan sebanyak 12,5 ton. Dengan luas lahan yang akan ditanami seluas 250 hektare.

‘’Kita targetkan pertengahan bulan agustus ini, semua bibit tersebut sudah dibagikan semuanya sehingga langsung dapat semai dan ditanamkan oleh warga penerima yang tergabung dalam Poktan ini,’’ sampainya.

Untuk pengawasan kepada Poktan dalam melaksankan program Usus Pajale ini, Distan akan menurunkan petugas yang akan memantau langsung ke petani. Sehingga semua keluhan yang dialami petani, mulai dari penyemaian, perawatan hingga panennya akan selalu dibina oleh petugas, sesuai dengan area tugasnya masing-masing.

‘’Petugas ini nanti yang membantu petani dalam melaksanakan program Pajale ini. Dengan harapan program ini akan sukses sesuai dengan harapan dan tujuan program ini diluncurkan,’’ demikian Marrah Halim. (333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: