Tim Rescue PKPU Human Initiative Lakukan Penanganan Darurat Gempa Lombok

Tim Rescue PKPU Human Initiative Lakukan Penanganan Darurat Gempa Lombok

Lombok - Disaat penanganan darurat dampak gempa 6,4 SR yang terjadi di Nusa Tenggara Barat (NTB) sebelumnya masih berlangsung, terutama di Kabupaten Lombok Utara dan Lombok Timur. Tiba-tiba pada Minggu (5/8/2018), sekitar pukul 18.46 WIB, masyarakat Lombok kembali diguncang gempa berkekuatan lebih besar mencapai 7 skala richter (SR). Gempa susulan yang dinyatakan sebagai gempa utama ini banyak menimbulkan korban jiwa dan kerusakan bangunan. Terjadinya gempa dahsyat ini membuat Tim Rescue PKPU Human Initiative langsung melakukan penanganan darurat.

\"Sejak malam tadi, Minggu (5/8/18), kami terus melakukan penyisiran dan membantu evakuasi korban terdampak. Sementara ini, kami juga membuka beberapa posko untuk penanganan darurat,” terang Salah Seorang Anggota Tim Rescue PKPU HI, Subur Rohjinawi dalam laporannya.

Tim Rescue PKPU Human Initiative yang sudah berada di lokasi terdampak sejak pertama kali peringatan gempa bumi terdengar, khususnya di wilayah Tanjung Lombok Utara, segera melakukan tindakan darurat. Mereka berkoordinasi dengan relawan setempat dan pihak lainnya untuk melakukan assessment kerusakan di lokasi terdampak, serta melakukan evakuasi dan penanganan darurat akibat gempa bumi.

Hingga Senin dini hari (6/8/2018) pukul 02.30 WIB tercatat 82 orang meninggal dunia, ratusan orang luka-luka, serta ribuan rumah warga roboh mengalami kerusakan. Ribuan warga mengungsi ke tempat yang aman.

Diperkirakan korban terus bertambah. Sejauh ini jumlah korban dan kerusakan bangunan masih dilakukan pendataan. Kondisi malam hari dan sebagian komunikasi yang mati membuat aktivitas tim PKPU di lapangan terkendala

“Evakuasi korban gempa bumi di lokasi saat ini terkendala minimnya pencahayaan. Namun kami terus bergerak untuk mengatisipasi kemungkinan korban yang belum terselamatkan,” ungkap Subur.

Fokus utama saat ini,,kata Subur, pencarian, penyelamatan dan pertolongan kepada masyarakat yang terdampak gempa, serta pemenuhan kebutuhan dasar. Kebutuhan mendesak warga korban gempa saat ini, tenaga medis, air bersih, makanan, selimut, tikar, tenda, makanan siap saji, layanan trauma healing dan kebutuhan dasar lainnya. (Rls/**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: