Dua Rumah Hangus

Dua Rumah Hangus

TAIS, Bengkulu Ekspress- Sijago Merah mengamuk di Kabupaten Seluma. Api menghanguskan dua unit rumah dan Tiga Unit Sepeda motor milik warga Kelurahan Napal, Kecamatan Seluma, pada Jumat (3/8), sekitar pukul 01.00 WIB dinihari. Rumah yang terbakar itu milik Rihatan (65) anggota LSM Justik dan seorang wanita lansia (lanjut usia) Sena (80) yang dalam kondisi cacat.

\"Aku Berangkat ke Bengkulu ke rumah keluarga, Kamis (02/7) pukul 16.30 wib. Api di dapur sudah disiram dan listrik sudah dimatikan. Jadi rumah dalam keadaan kosong. Aku ditelpon anak kalau dia bilang rumah habis terbakar, \" kata Rihatan kepada Bengkulu Ekspress.

Data terhimpun dari keterangan korban, kebakaran ini pertama diketahui Riyan (21). Anak dari korban Rihatan yang rumahnya berada tepat di belakang rumah ayahnya. Ketika itu Riyan pulang dari jaga malam di kantor PUPR Seluma dan melihat api yang sudah membakar bagian dapur rumah milik Ayahnya. Karena panik langsung membangunkan kakak dan tetangganya.

Barang berharga milik korban yang ada di dalam rumah semuanya terbakar tanpa ada yang terselamatkan. Mulai dari sepeda motor 3 unit. Berupa merek KTM 2 Unit dan Yamaha Vega 1 unit, serta mobil angkot (angkutan umum) milik anaknya yang juga nyaris terbakar, serta barang-barang lainnya.

\"Habis galo, Pakaian hanya dipakai ini la lagi sisahnya, Motor 3 unit, mesin jahit, sepeda dan ada mobil anak terbarkar dikit,\" ujar Rihatan.

Atas kejadian ini Rihatan juga meminta kepolisian mengusut penyebab terjadinya kebakaran di rumahnya. Pasalnya, Rihatan yakin kebakaran itu bukan disebabkan korsleting listrik.  Sementara itu, seorang lansia Sena (80), yang rumahnya ikut terbakar. Karena rumahnya bersebelahan dengan rumah Rihatan berhasil diselamatkan. Sena yang dalam kondisi cacat dan tinggal sendirian di rumahnya itu, bisa dibawa keluar dari rumah dengan cepat oleh warga.

Sementara api yang membakar dua unit rumah sekaligus tersebut, berhasil dipadamkan setelah satu unit mobil pemadam kebakaran milik Pemda Seluma, tiba sekitar pukul. 03.00 WiB. Saat petugas pemadam kebakaran tiba kondisi rumah sudah Ludes terbakar. Kebakaran itu diperkirakan membawa kerugan pada kedua korban mencapai Rp 300 juta.

Pasca kebakaran Bupati Seluma H Bundra Jaya SH MH di dampingi Wakil Bupati Suparto Msi langsung meninjau ke lokasi kebakaran. Sekaligus memberikan bantuan sembako (sembilan bahan kebutuhan pokok pada korban kebakaran. Bantuan dari Dinas Sosial Kabupaten Seluma itu diberikan secara simbolis. Bupati dan wabup pun menyatakan rumah lansia yang terbakar dimasukkan dalam program bedah rumah Dinas Permukiman Masyarakat (Perkim).

\"Iya tadi langsung Pak Bupati dan wabup ngasih Sembako, Katanya rumah nenek Sena dibangun melalui bedah rumah, kami ucapkan terima kasih atas bantuan oleh pak bupati dan wabup, \"Kata Rihatan salah satu korban kebakaran. Dalam kunjungan Bupati dan Wabup ini juga didampingiPlt Kadis Dinad Sosial Seluma, Camat Seluma Kota, Plt Kadis Perkim seluma, Kasat Pol PP. Seluma.(333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: