Senam Kolosal 18.8.18 Sambut ASIAN Games dan HUT BPJS ke-50

Senam Kolosal 18.8.18 Sambut ASIAN Games dan HUT BPJS ke-50

CURUP, Bengkulu Ekspress- Dalam rangka menyambut Asian Games XVIII sekaligus merayakan ulang tahun Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan ke-50. BPJS Kesehatan Cabang Curup menggelar senam sehat Kolosal. Senam kolosal dengan tajuk 18.8.18 dilaksanakan Minggu (29/7) pagi di Stadion Air Bang Curup. Hadir dalam kesemapatan tersebut Wakil Bupati Rejang Lebong, H Iqbal Bastari SPd MM.

\"Kegiatan ini selain untuk menyambut Asian Games yang dilaksanakan di Indonesia juga dalam rangka ulang tahun BPJS Kesehatan ke-50,\" sampai Kepala BPJS Kesehatan Cabang Curup, Syafrudin Iman Negara SSi disela-sela kegiatan.

Dijelaskan Imam, kegiatan senam kolosal kemarin dilaksanakan secara nasional yang dipusatkan di Lapangan Monas Jakarta serta dilaksanakan di seluruh kantor cabang BPJS Kesehatan yang ada di Tanah Air. Kegiatan tersebut mengambil tajuk 18.8.18 yaitu menunjukkan pembukaan Asian Games yang akan dilaksanakan pada 18 Agustus 2018, tak hanya itu menurut Imam angka tersebut juga menunjukkan jumlah peserta yang mengikuti senam kolosal se tanah air. \"Kalau untuk kita hari ini jumlah pesertanya sebanyak 700 orang lebih,\" terang Imam.

Peserta untuk kegiatan senam kolosal yang dilaksanakan BPJS Kesehatan Cabang Curup kemarin baik berasal dari 20 grup Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) dari sejumalh FKTP BPJS Kesehatan Cabang Curup serta dari masyarakat sekitar stadion Air Bang Kota Curup. Dalam kegiatan tersebut BPJS Kesehatan Cabang Curup menyiapkan sejumlah hadiah hiburan kepada para peserta senam.

Kemudian menurut Imam, dengan adanya kegiatan tersebut pihaknya ingin mempromosikan betapa murah dan mudahnya untuk menerapkan pola hidup sehat, yaitu dengan dengan senam rutin setiap pagi. \"Karena dengan senam rutin kita bisa meningkatkan kebugaran dan sistem imun kita sehingga tidak mudah sakit,\" terang Imam.

Karena dengan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk berperilaku sehat sehari-hari, maka menurut imam diharapkan jumlah peserta JKN-KIS yang sakit bisa menurun, sehingga pembiayaan pelayanan kesehatan dapat dialokasikan ke program promotif preventig yang dilakukan agar masyarakat tetap sehat.

Imam mencontohkan meningkatkan kesadaran masyarakat akan olahraga rutin seperti dengan senam tersebut, bisa dilihat dari salah satu peserta senam kemarin yang sudah berusia 82 tahun. Dimana menurutnya peserta yang sudah berusia 82 tahun tersebut sudah mengidap sejumlah penyakit mulai dari jantung, tekanan darah tinggi hingga asam urat, namun karena ia aktif mengikuti senam Prolanis yang dilaksanakan BPJS Kesehatan melalui FKTP ia masih sehat. \"Dengan rutin senam atau olahraga, maka harapan hidup dan kesehatan masyarakat akan semakin terjaga dan tidak jatuh sakit lebih parah lagi,\" terang Imam

Sementara itu, Wakil Bupati Rejang Lebong, H Iqbal Bastari SPd MM menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan oleh BPJS Kesehatan Cabang Curup kemarin. \"Saya ucapkan terima kasih kepada BPJS Kesehatan yang telah melaksanakan kegiatan ini,\" sampai Wabup.

Wabup juga berharap agar kegiatan seperti kemarin tidak hanya dilaksanakan BPJS Kesehatan dalam moment ulang tahun saja, namun juga dalam kegiatan lain-lainnya, bahkan menurut Wabup kalau bisa dilaksanakan secara rutin, dan bisa bekerjasama dengan pemerintah daerah untuk melaksanakannya. Kemudian menurut Wabup kegiatannya tidak hanya dilaksanakan disatu tempat saja, namun bisa dilaksanakan dengan berganti-ganti lokasi.

\"Memang untuk olahraga masyarakat kita perlu stimulus salah satunya dengan kegiatan kolosal seperti ini serta ada hadiahnya,\" sampai Wabup.

Disisi lain, Wabup juga mengungkapkan dengan kegiatan kemarin bisa memberi pelajaran mahal bagi masyarakat Rejang Lebong yaitu bahwa untuk sehat itu bisa mudah dan murah yaitu dengan rajin berolahraga salah satunya dengan senam.(251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: