Bagikan Alat Tanam Padi

Bagikan Alat Tanam Padi

BINTUHAN,Bengkulu Ekspress- Tahun ini Dinas Pertanian (Dispertan) Kaur akan membagikan secara geratis ceplak alat tanam padi kepada petani, alat tanam padi jajar legowo itu berpungsi sebagai penggaris dalam menanam padi tujuannya agar padi yang ditanam sesi dengan beraturan. Caplak sendiri akan dibagikan dalam waktu dekat. tentunya setelah melakukan verifikasi terhadap penerima bantuan termasuk juga penerima bantuan tracktor yang saat ini sudah disiapkan oleh pihak Dispertan.

“Kalau caplak banyak sudah ada digudang jumlahnya diatas 200 unit nanti akan kita bagikan, selaian itu jug ada tracktor yang juga sudah ada,”kata kepala Dispertan Kaur, Nasrul Rahman S Hut Msi.

Dikatakannya, penyaluran bantuan caplak itu akan berbarengan dengan pemberian bantuan lain yang nanti juga akan disalurkan di tahun 2018 ini. Hanya saja pihaknya saat ini masih menunggu tambahan bantuan tracktor tangan yang akan diberikan oleh Kementan dalam waktu dekat ini. Jadwalnya penambahan sarana pertanian ini akan diterima oleh pihaknya dalam datu dua bulan ke depan.

“Jadi selaian caplak nanti ada tracktor dan juga mesin perontok jagung dan padi yang akan kita bagikan hanya saja masih menunggu tambahan barang dari kementan tiba,” paparnya.

Ditambahkannya, untuk caplak bantuan alat itu tujuannya agar masyarakat dalam hal ini petani saat melakukan penanaman padi nantinya tidak lagi melakukan penanaman secara acak sehingga dapat dengan mudah menanam padi dengan uruatan yang beruntun. Sistem jajar legowo itu juga dapat mengatasi hama tikus yang bisa menyerang tanaman padi dan membuat sarang disekitaran rumpun padi. “Kalau tanamannya rapi mudah mengontrolnya dan mudah pula membunuh hama, sehingga hasil yang kita dapat juga maksimal,”tandasnya.(618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: