Waspada Peredaran Upal

Waspada Peredaran Upal

BINTUHAN, KABUPATEN KAUR,Bengkulu Ekspress - Kepolisian Resor (Polres) Kaur mengimbau kepada masyarakar agar mewaspada peredaran uang palsu (Upal) jelang perayaan lebaran 2018 tahun ini. Sebab momen seperti ini dinilai rawan disalagunakan oknum untuk mengedarkan uang palsu dengan modus sebagai penyedia jasa penukaran uang.

“Bulan puasa ini transaksi keuangan meningkat dari bulan biasa. Tidak menutup kemungkinan ada uang palsu yang beredar,” kata Kapolres Kaur AKBP Sisman Adi Pranoto SH SIK, kemarin (7/6).

Dikatakan Kapolres, peredaran upal ini biasanya untuk pecahan seratus ribu dan lima puluh ribu rupiah. Tapi kendati belum ada laporan terkait adanya upal yang beredar di wilayah hukum Polres Kaur. Namun pihaknya menyampaikan kepada seluruh Babinkamtibmas agar memberikan imbauan kepada masyarakat untuk berhati-hati dan wasapada terhadap kemungkinan adanya upal jelang jelang Hari Raya Idul Fitri nanti.

“Kita berharap masyarakat proaktif, dan segera melapor jika menemukan uang palsu. Aparat kepolisian akan berusaha mengantisipasi sedini mungkin adanya peredaran upal diwilayah hukum Polres Kaur,” terangnya.

Ditambahkannya, pihaknya selalu menghimbau untuk mewaspadai sejumlah oknum yang memanfaatkan tingginya intensitas masyarakat dalam jual beli menjelang perayaan hari Raya Idul Fitri untuk upal. Juga pihaknya meminta kepada perbankan untuk membantu mencegah peredaran uang palsu. “Masyarat biasanya akan berbelanja dalam skala besar menjelang hari raya. Jangan sampai momen seperti itu dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab,” tandasnya.(618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: