Mudik Lebaran, Peserta JKN-KIS Tetap Dapat Pelayanan Kesehatan

Mudik Lebaran, Peserta JKN-KIS Tetap Dapat Pelayanan Kesehatan

Bengkulu, bengkuluekspress.com - Selama melaksanakan mudik lebaran 2018, masyarakat tak perlu khawatir akan pelayanan kesehatan. Terutama pada masyarakat peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), pelayanan kesehatan akan tetap berjalan selama libur lebaran, tepatnya mulai H-8 sampai H+8 atau 7-23 Juni 2018.

Sejumlah fasilitas kesehatan siap sedia selama 24 jam selama libur lebaran. Kantor BPJS Kesehatan Cabang Bengkulu juga akan buka untuk melayani masyarakat pemudik yang membutuhkan pelayanan kesehatan.

Hal itu dikatakan Direktur Pelayanan dan Perluasan Peserta BPJS Kesehatan, Andayani Budi Lestari dalam konfrensi pers bertema Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan, Senin (4/6/18) di Jakarta. Diungkapkan Andayani, sesuai dengan peraturan perundangan peserta yang berada diluar kota dan tidak menetap dalam jangka waktu lama dapat mengakses pelayanan kesehatan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP).

Hal tersebut sudah menjadi kesepakatan kerjasama antara BPJS Kesehatan dan Fasilitas Kesehatan (Faskes). Kewajiban pelayanan tersebut juga berlaku bagi FKTP Non Puskesmas (Klinik pratama dan Dokter Praktek Perorangan) yang membuka praktek layanan kesehatan.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bengkulu, Rizki Lestari mengatakan, pihaknya memastikan masyarakat yang menjadi peserta JKN-KIS yang tengah melaksanakan mudik tetap mendapatkan jaminan atau akses finansial ke fasilitas kesehatan.

\"Dibengkulu kita memiliki 22 rumah sakit dan 179 Puskesmas yang beroprasi. Selama libur lebaran rumah sakit masih akan beroprasi selama 24 jam. Untuk puskesmas, yang berlokasi di pinggir jalan diwajibkan buka 24 juga,\" terangnya saat konfrensi pers di kantor BPJS Kesehatan cabang Bengkulu, Senin (4/6/18) sore sekitar pukul 16.30 WIB.

Untuk itu, pemudik peserta JKN-KIS diimbau selalu membawa kartu peserta yang aktif selama dalam perjalanan mudik lebaran untuk tetap mendapatkan pelayanan kesehatan apabila terjadi lecelakaan dan gangguan kesehatan lain.

Tambah Riski, BPJS Kesehatan juga menyediakan aplikasi berbasi online yang dapat di download di google play store. Dalam aplikasi tersebut menyediakan telepon penting, alamat kantor BPJS kesehatan, fasilitas kesehatan mitra BPJS Kesehatan dan menu penting lainnya yang dapat memudahkan masyarakat mengetahui informasi layanan kesehatan. (Imn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: