Jalan Luas – Muara Sahung Provinsi Bengkulu Ambles

Selasa 29-05-2018,20:19 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

LUAS, Bengkulu Ekspress - Ruas jalan Provinsi Bengkulu, yang menghubungkan dua kecamatan antara Kecamatan Luas dan Muara Sahung (MS), Kabupaten Kaur atau tepatnya di Desa Pulau Panggung, Kecamatan Luas, ambles mencapai 15 meter lebih, pada Minggu (27/5/18). Akibatnya jalan itu tak bisa dilalui kendaraan roda empat dari dua arah dan menyebabkan warga aktivitas warga Muara Sahung terganggu. Sebab, jalan itu satu-satunya akses yang digunakan warga menuju sentral pelayanan publik ke pusat kota Bintuhan.

“Jalan ini putus waktu malam Minggu saat hujan deras. Sekarang jalan menuju Kecamatan Muara Sahung ini sempat hanya bisa dilalui motor saja dan untuk mobil tidak bisa, tetapi sekarang mobil kecil sudah bisa,” kata Camat Luas Indra Jaya SPd pada Bengkulu Ekspress Selasa (29/5/2018).

Data terhimpun Bengkulu Ekspress, peristiwa bencana longsor ini terjadi Minggu (27/5), sekitar pukul 20.30 WIB atau saat hujan deras menguyur wilayah Kabupaten Kaur, dan mengakibatkan jalan desa Pulau Panggung longsor sepanjang 15 meter dengan lebar 2 meter dan tinggi 30 meter. Beruntung pada saat kejadiaan tidak ada kendaraan yang melintas sehingga tidak menimbulkan korban jiwa. Jalan ini terputus karena struktur tanah yang labil.

“Ini mungkin karena kontur tanah lembut dan terkikis air hujan sehingga menyababkan jalan ambles dan jalan luas ini memang rawan longsor,” ujarnya.

Menurutnya, jalan yang menghubungkan warga antar Kecamatan Muara Sahung dan Kabupaten Oku Selatan itu tidak bisa dilintasi kendaraan ukuran besar. Karena hampir sebagian besar badan jalan amblas. Dia mengaku sudah berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kaur dan Dinas Pekerjaan Umum (PU) dan Penataan Ruang (PUPR) untuk penanganan selanjutnya.

Penanganan sementara, sambung camat, Dinas BPBD, dan PUPR sudah mengeruk sebagaian jalan yang hanya bisa dilalui sepeda motor saja. Sedangkan kendaraan roda enam seperti truk belum bisa karena jalan masih sangat sempit dan jika dipaksakan dapat membahayakan kendaraan tersebut.

“Masalah jalan putus ini sudah kita sampaikan ke dinas terkait dan mudah-mudahan jalan ini dapat segera diperbaiki kembali agar dapat normal kembali,” jelasnya.

Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas PU dan PR Lendrianto ST, mengakui kerusakan jalan di desa Pulang Panggung, yang menghubungkan Kecamatan Luas-Muara Sahung putus karena diguyur hujan deras. Menurutnya amblasnya jalan ini pihaknya sudah melakukan kordinasi dengan dinas PU Provinsi Bengkulu. Hal ini lantaran, Pemkab Kaur tidak memiliki kewenangan melakukan perbaikan, sebab jalan tersebut bersastus jalan Provinsi Bengkulu.

“Jalan itu jalan provinsi dan ini bukan kewenangan kita, tetapi masalah itu sudah kita sampaikan ke Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Bengkulu. Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini jalan itu sudah diperbaiki,” jelasnya. (618)

Tags :
Kategori :

Terkait