Sambut Ramadan, Ini 6 Tips Dari Imam Masjid Raya Bengkulu

Senin 07-05-2018,15:20 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

Bengkulu, bengkuluekspress.com - Hanya tinggal menghitung hari bulan suci Ramadan tiba. Sebagai umat Islam haruslah mempersiapkan diri terlebih dahulu agar dapat menjalankan ibadah puasa dengan baik dan nyaman.

Menyambut Ramadhan 1839 Hijriah kali ini, Imam Besar Masjid Raya Baitul Izzah Bengkulu, Dr H Mawardi Lubis MPd, saat ditemui bengkuluekspress.com, Senin (7/5/18), di Masjid Baitul Izzah di kawasan Padang Harapan Kota Bengkulu seusai Salat Zuhur memberikan 6 tips dan persiapan yang dapat kamu lakukan menjelang Ramadan:

1. Menjalani puasa dihari biasa Bagi yang tidak terbiasa, puasa sebulan penuh akan cukup menyulitkan. Agar kamu tidak kaget, cobalah melakukan puasa sehari atau dua hari selama satu pekan, misal puasa Senin dan Kamis. Jika hal tersebut rutin kamu lakukan, pasti menjalani bulan Ramadan akan mudah.

2. Menyelesaikan qadha puasa Ramadan Seperti yang kita ketahui puasa dibulan Ramadan suatu kewajiban. Akan tetapi, ada beberapa hal yang dapat membuat seseorang diperbolehkan tidak berpuasa dan harus menggantinya dibulan lain. Seperti, menstruasi, sakit atau perjalanan jauh. Jika kamu masih memiliki hutang puasa Ramadhn, sebaiknya selesaikan sebelum Ramadan tiba.

3. Kurangi cemilan Mengurangi cemilan sangat membantu seseorang dalam mengatur pola makan. Hal tersebut membuat seseorang mengurangi jumlah makanan yang dikonsumsi, sehingga ketika berpuasa, tidak akan sering merasa lapar.

4. Persiapan khatam Alquran Banyak orang yang menjadikan bulan Ramadan sebagai waktu untuk mengkhatamkan Alquran. maka dari itu, mulailah menghitung berapa banyak ayat atau juz yang harus dibaca setiap harinya agar selesai tepat ketika Ramadan berakhir.

5. Kurangi berperilaku buruk Puasa juga menjadi tempat seseorang untuk melakukan hal-hal baik. mulai dari menjaga sikap, perkataan dan perbuatan. Alangkah baiknya, hal tersebut mulai kita lakukan sejak saat ini bahkan setelah Ramadan usai.

6. Olahraga Mulailah berolahraga untuk meningkatkan kekuatan dan daya tahan tubuh kamu. Ketika puasa, seseorang akan mudah lemas dan jatuh sakit jika tidak diimbangi pola makan yang sehat dan tentunya berolahraga yang cukup. Tambah Imam Besar Mawardi, ke-6 hal tersebut Insyallah dapat membantu mempermudah dalam menjalankan ibadah puasa.

\"Insya Allah puasa kita dipermudah tentunya dengan niat yang kuat. Apalagi membaca kembali fiqqih berpuasa itu. Jadi persiapan puasa kita matang dan siap,\" terangnya.(Imn)

Tags :
Kategori :

Terkait