BPNT Mulai Didistribusikan Bulan Mei

Kamis 26-04-2018,12:33 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

CURUP, Bengkulu Ekspress - Proses pendistribuasian Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) akan segera dilakukan oleh Dinas Sosial Kabupaten Rejang Lebong. Dimana proses pendistribusian dijadwalkan akan dimulai pada 25 Mei mendatang.

\"Untuk proses pendistribusian BPNT, kita sudah jadwalkan akan dimulai pada 25 Mei mendatang,\" terang Kepala Dinas Sosial Kabupaten Rejang Lebong, Zulfan Efendi SE MM.

Bahkan menurut Zulfan, dalam peluncuran program dari kementerian sosial yang merupakan pengganti dari program beras untuk masyarakat sejahtera (Rastra) atau dulunya Raskin tersebut akan dilakukan langsung oleh Bupati Rejang Lebong, DR H A Hijazi SH MSi. Hanya saja untuk lokasinya menurut Zulfan belum ditentukan apakah di kecamatan yang ada di wilayah Lembak atau di wilayah Bermani Ulu.

\"Untuk lokasi sedang kita koordinasikan dengan pak bupati, apakah kita laksanakan di kecamatan yang ada di wilayah Lembak atau di wilayah Bermani Ulu,\" tambah Zulfan.

Proses pendistribusian BPNT sendiri menurut Zulfan akan didistribusikan melalui 10 e-Warong yang ada di 15 kecamatan yang akan di kabupaten Rejang Lebong. Namun menurut Zulfan, jumlah 10 e-Warong di Kabupaten Rejang Lebong sendiri, menngingat jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kabupaten Rejang Lebong yang mencapai 19.805 KPM.

\"Dengan jumlah KPM kita yang mencapai 19 ribu, kemudian hanya ada 10 E-Warong, maka kita memang sangat membutuhkan penambahan e-Warong,\" paparnya.

Namun menurut Zulfan, untuk mensiasatinya, proses pendistribusian nantinya tidak hanya melalui e-Warong, namun juga akan didistribusikan melalui Rumah Pangan Kita (RPK) milik Bulog maupun melalui agen BRILink yang ada di Kabupaten Rejang Lebong.

Dijelaskan Zulfan, setiap KPM yang menerima BPNT akan diberi bantuan oleh pemerintah setiap bulannya senilai Rp 110 ribu. Bantuan nanti akan diberikan dalam bentuk beras dan telur ayam. Bantuan tersebut nantinya akan disuplai oleh Bulog Sub Divre Rejang Lebong sehingga menurutnya semua barang yang diterima KPM di Rejang Lebong ini tetap sama.

\"Untuk barangnya nanti masih disiapkan oleh Bulog, sehingga barang yang diterima semua KPM di Rejang Lebong ini sama,\" sampai Zulfan.

Disisi lain, terkait dengan pendistribusian Bansos Rasta, dijelaskan Zulfan, untuk Kabupaten Rejang Lebong sudah didistribusikan 100 persen sampai bulan keempat yaitu Bulan April sebelum dimulainya BPNT. Bansos Rastra sendiri sudah selesai didistribusikan kepada penerima pada tertengahan April kemarin kepada 19.805 KPM yang tersebar di 15 kecamatan yang ada di Kabupaten Rejang Lebong.(251)

Tags :
Kategori :

Terkait