Kesehatan Seluruh Warga Rejang Lebong Diperiksa

Rabu 02-08-2017,11:50 WIB
Reporter : redaksi
Editor : redaksi

CURUP, Bengkulu Ekspress - Untuk mengatahui pasti kondisi kesehatan masyarakat Rejang Lebong. Saat ini Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong tengah melakukan pemeriksaan kesehatan keluarga di Kabupaten Rejang Lebong.

\"Pemeriksaan kesehatan keluarga yang saat ini tengah kita laksanakan akan menyasar seluruh masyarakat Rejang Lebong,\" ungkap Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong, Syamsir SKM MKes.

Dengan dilakukannya pemeriksaan secara menyeluruh kepada masyarakat Rejang Lebog tersebut, menurut Syamsir data yang akan mereka dapatkan benar-benar data yang nyata di lapangan atau bukan hanya sampel saja, namun riil, sehingga menurutnya kebijakan Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong pada bidang kesehatan akan benar-benar tepat sasaran.

\"Data dari hasil pemeriksaan yang kita lakukan ini akan kita gunakan untuk menentukan program kedepannya,\" tambah Syamsir.

Untuk pelaksanaan pemeriksaan kesehatan keluarga ini sendiri, menurut Syamsir dilaksanakan oleh petugas dari 21 Puskesmas yang ada di Kabupaten Rejang Lebong. Pembagian lokasi pemeriksaan sendiri menurutnya dilaksanakan sesuai wilayah kerja masing-masing Puskesmas.

Dalam melakukan pendataan kesehatan keluarga tersebut, petugas akan mendatangi satu persatu rumah warga, dalam melakukan pendataan tersebut, petugas tak hanya sekadar melakukan pendataan melakukan wawancara, namun juga melakukan pemeriksaan langsung kepada masyarakat yang didatangi.

\"Kita targetkan pemeriksaan kesehatan ini akan selesai bulan Agustus ini,\" terang Syamsir.

Dengan selesainya proses pemeriksaan pada Agustus ini, maka menurut Syamsir, pada bulan September dan Oktober dilakukan pengolahan data dan sebelum pembahasan APBD Kabupaten Rejang Lebong tahun 2018, datanya sudah ada sehingga bisa menjadi bahan untuk pembahasan APBD tahun 2018.

Di sisi lain, Syamsir juga mengungkapkan kegiatan pemeriksaan kesehatan keluarga tersebut juga untuk mengetahui pasti penyebaran penyakit tidak menular di Kabupaten Rejang Lebong. Karena menurutnya salah satu fokus pemerintah dalam bidang kesehatan saat ini yaitu pemberantasan penyakit tidak menular. (251)

Tags :
Kategori :

Terkait