Bengkulu Tuan Rumah Porwil Sumatera

Senin 31-07-2017,17:00 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

BENGKULU, Bengkulu Ekspress - Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Bengkulu, memperjuangkan pembangunan sarana dan perasarana olahraga Panjat Tebing. Hal ini dikarnakan tahun 2019 Provinsi Bengkulu, menjadi tuan rumah dalam pelaksanaan Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatera.

\'\'Cabang Panjat tebing salah satu olahraga yang memiliki peluang diperebutkan. Medali yang diperebutkan mencapai 15 buah dan atlet panjat tebing di Provinsi Bengkulu cukup banyak yang berprestasi,\'\' kata Kadispora Provinsi Bengkulu H Meri Sasdi MPd saat diwawancarai BE Sabtu (29/7).

Meri Sasdi MPd mengatakan, sarana dan prasarana panjat tebing itu diupayakan terealisasi melalui anggaran pendapatan belanja daerah perubahan (APBDP) 2017. Meri Sasdi belum mau membeberkan berapa biaya yang diusulkan ke DPRD untuk membangun sarana dan prasarana Panjat Tebing tersebut. Informasinya yang didapat kebutuhan dananya diperkirakan mencapai Rp 2,6 miliaran.

\"Jumlah kebutuhan danaya muncul ketika kita mendapatkan masukan dari FPTI sendiri, karena kita akan mencoba rancang itu terlebih dahulu,\" ujarnya. Untuk itu, Dispora berharap mendapatkan dukungan dari FPTI, KONI, dan DPRD.

Dispora memperjuangkan pembangunan sarana dan prasarana panjat Tebing. Selain karena cabang olahraga ini dilombakan dalam Porwil, juga karena Panjat Tebing bisa menunjang pariwisata yang ada di Provinsi Bengkulu.

Sebagai persiapan pelaksanaan Korwil itu, pada Sabtu (29/7) bertempat di the View resto, Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Sumatra melaksanakan rapat koordinasi Wilayah (rakorwil). Rapat ini dihadiri semua perwakilan Provinsi yang ada di Pulau Sumatera, kecuali Sumatra Utara dan Bangka Belitung.

\'\'Untuk itu Rakorwil FPTI se-Sumatera ini sangat kita dukung sekali untuk peningkatan olahraga Panjat Tebing di Bengkulu ini,\" sampainya.

Ketua Umum FPTI Provinsi Bengkulu Yuono Pintadi mengatakan, Provinsi Bengkulu siap melaksanakan Porwil katagori Panjat Tebing.

\"Untuk itulah kita laksanakan Rakorwil ini, untuk meyakinkan kepada seluruh peserta atas kesiapan kita,\" ujarnya.

Dalam Pelaksanaan Porwil Sumatra ini, Yuono menargetkan atlet Panjat Tebing Provinsi Bengkulu minimal bisa masuk lima besar. Target ini sebelumnya telah dibahas di KONI. \"Insya Allah 5 besar kita bisa,\" tegasnya. (614)

 
Tags :
Kategori :

Terkait