Tiga Puskesmas Segera Diakreditasi

Senin 31-07-2017,14:10 WIB
Reporter : redaksi
Editor : redaksi

KOTA MANNA, Bengkulu Ekspress – Setelah sebelumnya tahun 2016 lalu dua puskesmas di Bengkulu Selatan (BS) selesai diakreditasi, yakni puskesmas Seginim dan Puskesmas Pasar Manna. Tahun ini aga 3 puskesmas yang akan diakreditasi.

“Tahun ini ada 3 Puskesmas yang akan diakreditasi,” kata Kepala Dinas Kesehatan BS, M Redhwan Arif SSos MPH. Tiga puskesmas tersebut yakni Puskesmas Kedurang, Puskesmas Bunga Mas dan Puskesmas Kota Manna. Adapun pelaksanaan akreditasi, diperkirakan Agustus atau September mendatang. Saat ini ke-3 puskesmas tersebut sedang mempersiapkan diri, mulai dari persiapan administrasi hingga petunjuk pelaksana dan petunjuk teknis.

“Saat ini kami sedang melakukan pembinaan pada ke-3 puskesmas tersebut, agar ketika diakreditasi dari kementrian kesehatan Agustus atau September mendatang, semua sudah siap,” ujarnya. Ditambahkan Redhwan, dengan diakreditasinya ke-3 puskesmas tersebut, maka hingga tahun 2017 ini ada 5 puskesmas yang terakreditasi. Kemudian tahun 2018, pihaknya mengusulkan 5 puskesmas lagi yang akan diakreditasi yakni Puskesmas M Taha, Puskesmas Tungkal, Puskesmas Lubuk Tapi, Puskesmas Air Nipis dan Puskesmas Masat. Kemudian sisanya diupayakan diakreditasi 2019 mendatang.

“Tahun 2018 kami usulkan 5 puskesmas diakreditasi, sisanya 4 puskesmas lagi pada tahun 2019 mendatang,” beber Redhwan. Dijelaskan Redhwan, puskesmas-puskesmas yang diakreditasi menjadikan pelayanannya semakin maksimal. Sehingga ketika ada warga yang mengalami sakit yang belum parah, cukup dirawat di puskesmas. Dengan begitu, warga yang dirawat di rumah sakit, warga yang sakitnya sudah parah dan perlu penanganan khusus.

“ Dengan adanya akreditasi terhadap puskesmas, maka warga yang mengidap penyakit ringan cukup dirawat di puskesmas, “ demikian Redhwan. (369)

Tags :
Kategori :

Terkait