Penerima DAK Masih Didata

Kamis 20-07-2017,15:00 WIB
Reporter : redaksi
Editor : redaksi

BENTENG, Bengkulu Ekspress - Mamastikan penyaluran dana alokasi khusus (DAK) bantuan dari pemerintah pusat tahun 2017 tepat sasaran, Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Dikbudpora) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) fokus mendata calon sekolah penerima. Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Benteng, H Meizuar SH MM melalui Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar, Saidirman SE MSi menjelaskan, terdapat dua proyek pengadaan barang yang ada di Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Benteng belum juga terealisasi sampai saat ini. Yakni, proyek pengadaan buku untuk 10 Sekolah Dasar (SD) dan proyek pengadaan alat peraga komputer untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP).

\"Sampai saat ini, penerima DAK belum kita tentukan. Untuk itu, kami akan kembali melakukan pendataan terhadap kebutuhan masing-masing sekolah. Yang jelas, DAK akan kita salurkan dengan menggunakan prinsip skala prioritas,\" ungkap Saidirman. Disampaikan Saidirman, seperti halnya tahun sebelumnya, penyaluran DAK tak bisa dilakukan secara sembarangan. Melainkan harus menunggu petunjuk teknis (juknis) dari pemerintah pusat.

\"Sesuai dengan juknis yang telah kita terima, pengadaan alat peraga komputer telah ditetapkan sebesar Rp 150 juta untuk 1 paket proyek. Berapa nantinya komputer yang akan didapatkan, hal itu disesuaikan dengan harga barang,\" ungkap Saidirman. Berbeda dengan proyek pengadaan barang ataupun proyek pembangunan lainnya, proyek pada Dinas Dikpora Kabupaten Benteng tak mesti mengikuti tahapan lelang. Sebab itulah, setelah semua persyaratan dinyatakan lengkap, Dinas Dikpora Kabupaten Benteng hanya tinggal memesan barang yang dibutuhkan.

\"Semua sudah dilelang di pusat. Kami hanya tinggal memesan barang yang dibutuhkan,\" pungkas Saidirman.(135)

Tags :
Kategori :

Terkait