Penyelundupan Ganja ke Lapas Digagalkan, Pengunjung dan Napi Ditangkap

Rabu 19-07-2017,12:00 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

BENGKULU, Bengkulu Ekspress - Lapas Kelas IIA Bengkulu berhasil menggagalkan penyelundupan narkoba jenis ganja, Senin (17/7) kemarin. Ganja paket kecil tersebut dibawa oleh Yn (27) yang merupakan pacar dari AY alias Mamet, narapidana blok narkoba.

Petugas Lapas berhasil mendeteksi Yn membawa ganja tersebut dari mesin x-ray yang terpasang di pintu masuk ruang kunjungan Lapas Kelas IIA Bengkulu. Barang haram tersebut disembunyikan di dalam tumpukan pakaian kotor yang dibawa dari dalam lapas oleh Yn. Petugas lapas bergerak cepat langsung mengamankan Yn dan barang bukti.

\"Pakaian itu mau dibawa keluar. Saat melewati mesin x ray kami menditeksi adanya barang mencurigakan. Setelah dicek ternyata satu paket kecil narkoba jenis ganja,\" ujar Kalapas Bengkulu, Rudy Charles Gill Bc Ip melalui Kasi Administrasi Kamtib Lapas Kelas IIA Bengkulu, Dadang Suherlan Amd Ip SH MH, Selasa (18/7).

Setelah mendapatkan temuan tersebut, petugas Lapas kemudian melaporkan kepada Kalapas. Kalapas kemudian merekomendasikan untuk segera menghubungi pihak kepolisian untuk segera ditindaklanjuti sesuai aturan hukum berlaku.

Pihak kepolisian kemudian membawa AY alias Mamet dan pacarnya Yn ke Polres Bengkulu beserta barang bukti berupa satu paket ganja dibungkus kertas alumunium, dompet dan dua buah handphone. Berkaitan dengan ganja yang dibawa pengunjung dari dalam Lapas, Dadang enggan menjelaskan. \"Yang pasti dari hasil pemeriksaan mesin x ray didapati yang bersangkutan membawa narkoba jenis ganja. Jelas kita tindak tegas siapa saja yang terlibat dengan narkoba dilingkungan Lapas,\" imbuh Dadang.

Sementara itu Kapolres Bengkulu, AKBP Ady Savart Penataran Simanjuntak SH SIK melalui Kasat Narkoba, Iptu Sandy Indrajati Wiguna SH SIK membenarkan jika pihaknya sudah mengamankan dua orang terlibat penyalahgunaan narkoba di Lapas Kelas IIA Bengkulu. Untuk sementara masih dilakukan penyelidikan, dua orang pelaku masih dimintai keterangan untuk keperluan penyelidikan. \"Iya sudah diserahkan, untuk sementara masih kita selidiki,\" pungkas Kasat Narkoba.(167)

 
Tags :
Kategori :

Terkait