Perpanjangan Bandara, Pemprov Tak Serius

Jumat 25-01-2013,08:54 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

BENGKULU, BE - Pembebasan lahan masih menjadi kendala bagi Bandara Fatmawati untuk melakukan perpanjangan landasan pacu (Run Way).

Keseriusan Pemerintah Provinsi Bengkulu untuk  melakukan pelebaran masih disangsikan.  Sejak  2010  masalah pembebasan lahan tidak  tuntas-tuntas.  Padahal, DPRD menyetujui anggaran Rp 4,6 miliar untuk mengganti rugi  lahan masyarakat yang digunakan untuk pengembangan bandara tersebut.

\"Tapi, tidak  juga tuntas. Kami tidak tahu cara kerja mereka,\" ujar Sekretaris Komisi I DPRD Provinsi, Sis Rahman, kemarin. Lahan masyarakat yang harus dibebaskan  untuk memperpanjang landasan bandara seluas 1,4 hektare.

Lahan tersebut dapat  menambah landasan pacu sepanjang 500 meter,  dari luas landasan saat ini sepanjang 2.250 meter. Sayangnya, perpanjangan tersebut belum berhasil dilakukan hingga saat ini. Namun, tetap akan diupayakan pada tahun 2013 ini.

\"Tahun ini ada perpanjangan lahan, tapi setelah pembebasan lahan, direncanakan setelah Perubahan APBD 2013,\" kata Kepala Dishubkominfo Provinsi Drs Eko Agusrianto.

Asiten II Setprov Bengkulu Ir H. M Nashsyah MT MM  mengatakan,  bila kapasitas Bandara Bengkulu sudah memenuhi persyaratan baik  landasan pacu dan jumlah penumpangnya, maka tidak menutup kemungkinan maskapai  Garuda Indonesia Airlines membuat rute ke daerah itu.

\"Landasan pacu Bandara Fatmawati Bengkulu hingga saat ini baru mencapai 2.250 meter dengan sasaran mencapai 3.000 meter, hal itu membutuhkan kerja sama antara Kementerian Perhubungan dengan Pemda Provinsi Bengkulu,\" ujarnya.

Bila sudah ada kerja sama antara Pemprov Bengkulu dengan Kementerian Perhubungan, maka setiap tahun akan ada target pengembangan bandara hingga menjadi Bandara Internasional.

\"Kita akan siapkan dana dan lahan untuk pengembangan Bandara tersebut asalkan pihak  Kementerian Perhubungan sudah ada kerja sama dengan Bengkulu,\" katanya.

Di tempat terpisah, Kepala Bandara Fatmawati, Bengkulu, Syamsul Banri menyampaikan, saat ini panjang landasan pacu Bandara Fatmawati 2.250 meter. Pada tahap pertama, kebutuhan perpanjangan landasan pacu 250 meter. Kemudian, untuk perpanjangan pada tahap kedua diperlukan 350 meter sehingga total panjang akhir landasan pacu menjadi 2.850 meter. (100)

Tags :
Kategori :

Terkait