Terminal Nakau Bakal Direvitalisasi

Jumat 09-06-2017,15:54 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

Terminal Nakau Jadi Terminal Modern

BENTENG, Bengkulu Ekspress - Pemerintah Daerah (Pemda) melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) berencana untuk melakukan revitalisasi  terminal di Desa Nakau, Kecamatan Talang Empat.

Demikian disampaikan Kepala Dinas (Kadis) Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Benteng, Drs H Rachmat Rianto ST, kepada Bengkulu Ekspress, kemarin (8/6).

Dijelaskan Rachmat, sejauh ini pihaknya masih melakukan perhitungan terhadap rencana pembangunan terminal tersebut.

\"Pada tahun 2016 ini, rencana pembangunan Terminal Nakau masih ditangan konsultan. Dimulai dari desain terminal hingga kebutuhan dana yang diperlukan. Pada akhir tahun ini, baru kita ketahui berapa dana yang dibutuhkan,\" kata Rachmat.

Mantan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Benteng ini mengatakan, sesuai dengan hasil koordinasi bersama Bupati Benteng, Dr H Ferry Ramli SH MH, kawasan terminal  itu nantinya juga akan dilengkapi dengan pusat berbelanjaan yang bisa menjadi salah satu icon di Kabupaten Benteng.

\"Rencananya, Terminal Nakau akan dibangun dua tingkat. Pada lantai dasar untuk kepentingan terminal dan pada lantai atas akan dijadikan sebagai pasar, minimarket dan pusat perbelanjaan,\" bebernya.

Diakui Rachmat, saat ini kondisi Terminal Nakau memang sangat memprihatinkan. Kondisi jalannya mengalami kerusakan parah dan selalu kebanjiran ketika musim penghujan.

Bahkan, dari keluhan yang disampaikan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Benteng, penarikan retribusi angkutan kendaraan umum terpaksa dihentikan  sejak akhir tahun 2016 lalu. Hal itu dikarenakan seluruh kendaraan angkutan tak memungkinkan untuk masuk ke dalam lokasi terminal yang infrastruktur jalannya mengalami kerusakan parah.

Pun begitu, Rachmat meminta agar Dishub bisa bersabar dan menanti pembangunan terminal modern yang nantinya akan lebih jauh menguntungkan dan efesien.

\"Pembangunan jalan menuju lokasi terminal akan kita lakukan serentak dengan pembangunan terminal modern nantinya,\" pungkas Rachmat.(135)

Tags :
Kategori :

Terkait