Jelang Lebaran, Semua Bank Wajib Layani Penukaran Uang

Kamis 08-06-2017,22:32 WIB

BENGKULU, bengkuluekspress.com - Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Bengkulu, Endang Kurnia Saputra mengatakan, semua bank di Bengkulu wajib melayani penukaran uang menjelang hari raya Idul Fitri. Hal ini dilakukan mengingat permintaan masyarakat terhadap uang pecahan kecil meningkat setiap menjelang lebaran.

\"Masyarakat bisa menukarkan uang ke bank - bank terdekat. Semua bank diwajibkan untuk melayani penukaran uang,\" ujar Endang saat menggelar buka bersama media di Rumah Dinas Bank Indonesia Perwakilan Bengkulu, Kamis (08/06/2017).

Bahkan, lanjut Endang, BI sudah menyuplai uang ke masing masing bank hingga ke daerah pelosok. Untuk itu, masyarakat bisa melaporkan ke pihak BI jika ada bank yang tidak mau melayani penukaran uang. Ia juga mengingatkan, agar masyarakat tidak menukar uang selain di bank.

\"Kalau ada Bank yang tidak melayani penukaran uang, tolong lapor ke kita supaya kita tegur,\" kata Endang.

Selain di seluruh bank, BI juga membuka stand penukaran uang di lapangan view tower, Bandara Fatmawati dan Kantor RRI Bengkulu.

Kantor Perwakilan BI Provinsi Bengkulu sendiri sudah menyiapkan uang Rp 1,85 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Bengkulu selama bulan puasa dan lebaran tahun 2017. Uang yang disiapkan terdiri dari semua pecahan, 40 persennya pecahan kecil mulai dari nominal Rp 20 ribu kebawah.

\"Penyebarannya sekitar 60 persen di Kota Bengkulu sisanya ke kabupaten,\" ujar Endang. (Dil)

Tags :
Kategori :

Terkait