Pesta Narkoba Digerebek, Lima Pelaku Diamankan

Senin 05-06-2017,09:20 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

CURUP, Bengkulu Ekspress - Petugas gabungan dari Intel Korem 041/Gamas, Kodim 0409/Rejang Lebong dan Polres Rejang Lebong berhasil menggerebek pesta sabu-sabu. Penggerebekan pesta narkoba jenis sabu-sabu tersebut terjadi pada Jumat (2/6) malam  hingga dini hari kemarin.

Penggerebekan yang dilakukan tim gabungan tersebut terjadi di Desa Kepala Curup Kecamatan Binduriang Kabupaten Rejang Lebong. Dari penggerebekan yang dilakukan tersebut, lima orang tersangka berhasil diamankan serta sejumlah barang bukti seperti alat hisab sabu, hp, timbangan digital hingg sabu-sabu seberat 100 gram.

Dalam keterangan persnya di Makodim 0409 Rejang Lebong, Danrem 041/Gamas Kolonel Inf Agung Pambudi melalui Kasi Intel Letkol Inf Imam Priharso didampingi Dandim 0409/Rejang Lebong Letkol Kav Hendra S Nuryahya SH dan Kapolres Rejang Lebong, AKBP Napitupulu Yogi Yusuf SH SIK mengungkapkan keberhasilan jajarannya mengungkap penyalahgunaan narkoba tersebut merupakan laporan dari masyarakat.

\"Kita mendapat informasi bahwa akan ada kegiatan penyalahgunaan narkoba malam ini di Desa Kepala Curup Kecamatan Binduriang,\" terang Letkol Imam.

Mendapat informasi tersebut, kemudian tim Intel Korem 041/Gamas menuju Kabupaten Rejang Lebong pada Jumat sore kemarin dan langsung berkoordinasi dengan Kodim 0409/Rejang Lebong dan Polres Rejang Lebong. Kemudian pada malam harinya tim gabungan langsung bergerak menuju rumah yang dinformasikan akan melakukan kegiatan pesta sabu. Kemudian pada pukul 22.30 WIB petugas melakukan penggerebekan, dan memang ada kegiatan pesta sabu.

\"Saat kita lakukan penggerebekan, beberapa tersangka yang berhasil kita amankan ini sempat kabur, sehingga sempat terjadi kejar-kejaran dan berhasil kita amankan,\" tambah Kasi Intel.

Lebih lanjut ia menjelaskan, dari penggerebekan di Desa Kepala Curup tersebut dilakukan dirumah Ra. Hanya saja saat dilakukan penggerebekan Ra berhasil kabur dari kejaran petugas.

Sementara itu lima tersangka yang berhasil diamankan tersebut adalah An (19) warga Desa Lubuk Alai Kecamatan Sindang Beliti Ulu. An sendiri saat ini masih tercatat sebagai salah seorang pelajar SMA di Kabupaten Rejang Lebong.

Tersangka lainnya yang berhasil diamankan adalah At (34) warga Desa Apur Ilir Kecamatan Sindang Beliti Ulu, selanjutnya Jalal (29) warga Desa Kepala Curup Kecamatan Binduriang., Kemudian Er (18) warga Desa Lubuk Alai Kecamatan Sindang Beliti Ulu dan yang terakhir JU (34) warga Desa Apur Kecamatan Sindang Beliti Ulu.

Sedangkan barang bukti yang berhasil diamankan antara lain tiga unit alat hisab jenis bong, kemudian 3 unit Hp, timbangan digital, satu paket sabu seberat 100 gram. \"Setelah berhasil diamankan kemudian para tersangka ini kita amankan ke Makodim 0409/Rejang Lebong ini,\" terang Letkol Imam.

Untuk barang bukti sendiri, menurut Kasi Intel Korem, berdasarkan informasi yang mereka terima, sabu-sabu yang akan digunakan untuk pesta tersebut sebanyak 4 paket seberat 100 gram, hanya saja yang berhasil mereka temukan hanya satu paket saja.

Setelah dilakukan pemeriksaan awal di Makodim 0409/Rejang Lebong, kemudian kelima tersangka bersama barang bukti tersebut langsung diserahkan ke Mapolres Rejang Lebong.

Sementara itu, Dandim 0409/Rejang Lebong, Letkol Kav Hendra S Nuryahya menambahkan, bahwa keikutsertaan anggota dari Intel Korem 041/Gamas dan Kodim 0409/Rejang Lebong dalam melakukan penggerebekan karena berdasarkan informasi awal yang mereka terima, dalam kegiatan pesta sabu tersebut ada keterlibatan anggota TNI.

\"Kita ikut melakukan penggerebekan, karena ada informasi ada tentara yang ikut pesta, sehingga untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan, kita ikut dalam penggerebekan,\" jelas Dandim.

Namun menurut Dandim, setelah dilakukan penggerebekan, ternyata tidak ada anggota TNI yang ikut dalam pesta tersebut. Selain itu Dandim juga menegaskan, masalah Narkoba ini sesuai dengan intruksi Presiden RI harus dilawan secara bersama-sama karena sudah menjadi musuh negara. \"Kami dari TNI sifatnya hanya membantu saja, bukan mencari-cari,\" tegas Dandim.

Disisi lain, Kapolres Rejang Lebong, AKBP Napitupulu Yogi Yusuf SH SIK menjelaskan bahwa kawasan Kecamatan Binduriang dan sekitarnya memang sudah menjadi perhatian jajarannya terkait dengan panyalahgunaan narkoba.

\"Sejumlah langkah sudah kita lakukan dalam mengatasi masalah ini, termasuk preventif dengan mendatangi desa-desa kawasan tersebut,\" aku Kapolres.

Kapolres berharap agar masyarakat dikawasan tersebut, ambil bagian dalam memerangi penyalahgunaan narkoba maupun aksi kriminal lainnya. Kapolres meminta agar masyarakat untuk tidak takut melapor atau bahkan terkesan melindungi bila masalah narkoba di kawasan tersebut akan selesai.

Sementara itu, terkait dengan penggerebekan yang dilakukan Jumat malam kemarin, menurut Kapolres jajarannya akan terus melakukan pengembangan baik untuk memburu satu tersangka yang berhasil kabur atau memburu bandar yang menyuplai sabu ke kawasan tersebut. \"Kita akan terus melakukan pengembangan termasuk untuk mengetahui dari mana asal sabu ini berasal,\" terang Kapolres.(251)

Tags :
Kategori :

Terkait