Pelindo Datangkan Kapal Temas Line, Ongkos Angkut Peti Kemas Lebih Murah

Jumat 02-06-2017,10:51 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

BENGKULU, Bengkulu Ekspress - Pelabuhan Pulau Baai saat ini semakin dilirik oleh perusahaan kapal khususnya pengangkut peti kemas. Buktinya Kamis (1/6) pagi, giliran kapal pengangkut peti kemas bernama KM Mare Mas (Temas Line) yang bersandar di Bengkulu.

Rencananya kapal ini akan menjadi kapal pengangkut peti kemas untuk wilayah Bengkulu. Menggunakan kapal ini lebih murah ongkasnya dibandingkan jalan darat. \"Ini merupakan ide yang sudah lama kita rintis dan alhamdulillah pihak Kapal Temasline bersedia,\" terang General Manager PT Pelindo II Bengkulu, Drajat Sulistyo, kemarin.

Ia mengatakan, kapal ini nanti berfungsi untuk mengangkut peti kemas atau container baik itu bahan pokok ataupun lainnya yang lebih besar dibandingkan kapal-kapal sebelumnya dengan harga ongkos lebih murah dibandingkan jalan darat. \"Kapal ini akan beroperasi seminggu 1 kali untuk wilayah Jakarta-Bengkulu,\" ujar Drajat.

Ia menyebutkan, dikondisi biaya logistik yang masih tinggi di Bengkulu, dengan adanya kapal ini diharapkan bisa menekan biaya tersebut turun dan memberikan kemudahan bagi masyarakat Bengkulu.

\"Kita akan berupaya lagi agar kapal-kapal peti kemas lainnya masuk ke Bengkulu dan rencananya kapal Fortune Loid yang akan kembali mausk ke pelabuhan kita,\" tutur Drajat.

Untuk tahun ini pengangkutan peti kemas di Bengkulu sudah mengalami peningkatan sejak bulan April 2017 yang lalu.

\"Dari bulan April sudah meningkat sekitar 600 peti kemas sedangkan untuk bulan Mei saat ini sudah tembus sekitar 2000 peti kemas perbulannya,\" ungkap Drajat.

Drajat menambahkan, pihaknya sangat berharap adanya dukungan dari Pemerintah Provinsi Bengkulu dan daerah termasuk stakehoder lainnya mengenai gagasan dan ide ini karena imbas dari ide ini bisa langsung dirasakan masyarakat.

\"Kita bukan bicara soal Pelindo-nya tetapi soal masyarakat Bengkulu dan kita yakin dengan ini bisa mendongkrak ekonomi di Bengkulu,\" tuturnya.

Sekedar diketahui, kapal Temasline atau KM Maremas memiliki kapasitas angkut seberat 537 Teus atau 8.100 DWT, serta memiliki total volume bongkar atau kapasitas peti kemas sebanyak 170 box dan kapal ini perdana bersandar di pelabuhan Pulai Baai Bengkulu dengan tujuan rute Jakarta, Padang dan Bengkulu.(529)

Tags :
Kategori :

Terkait