Gejala Kanker Serviks Baru Muncul 3-17 Tahun

Rabu 10-05-2017,13:30 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

Mei 10, 2017 @ 13:30

KAUM hawa pada mulanya tidak akan mengetahui dirinya mengidap penyakit kanker mematikan nomor satu yaitu kanker serviks. Karena gejala khas di tahap awal tak akan dikenali. Kanker serviks baru akan dirasakan dalam proses beberapa tahun kemudian akibat proses yang panjang.

Kanker serviks rata-rata dialami wanita yang sudah pernah berhubungan seksual atau berganti-ganti pasangan. Wanita yang berhubungan seksual di usia terlalu muda juga sangat berisiko. Kanker ini bisa juga disebabkan oleh seseorang yang menikah dengan suami yang tidak dikhitan.

\"Kanker serviks prosesnya hingga menjadi kanker mematikan berkisar 3 tahun hingga 17 tahun. Itulah mengapa kanker serviks cenderung tidak diketahui keberadaannya karena cenderung tidak bergejala,\" tegas Founder and Chief Exevutive Officer, Internis and Vaccinologist In Harmony Clinic Dr. Kristoforus HD, SpPD, dalam keterangan tertulis, Selasa (8/5/2017).

Untuk mencegah kanker serviks, cara terbaik adalah dengan menjaga perilaku seks secara sehat serta aktif memeriksakan diri. Di samping itu penting melakukan vaksinasi antikanker serviks.

Menurut Kristoforus, kanker serviks di Indonesia telah menyumbang kematian yang cukup besar bagi para wanita di tanah air. Dari data rRiset Kesehatan Dasar Kementrian Kesehatan, 58 wanita tiap tahun rata-rata terkena kanker serviks dan 26 wanita di antaranya meninggal dunia.

Pemerintah telah mulai melakukan penanggulangan kanker serviks melalui vaksinasi pada anak-anak perempuan usia Sekolah Dasar (SD) di beberapa wilayah di tanah air. Menurutnya, Klinik In Harmony, hadir untuk memberikan pencegahan kepada wanita di tanah air sejak dini.

\"Melalui pemberian vaksin, pencegahan sejak dini memberikan keuntungan antara lain, lebih baik mencegah, lebih hemat dan kita tidak tahu kapan penyakit itu datang,\" tegasnya. (cr1/JPG)

Tags :
Kategori :

Terkait