Tiga Pelajar Rejang Lebong ke Nasional

Selasa 09-05-2017,10:10 WIB
Reporter : redaksi
Editor : redaksi

  CURUP, BE - Prestasi membanggakan ditorehkan tiga orang pelajar SMK dari Kabupaten Rejang Lebong. Mereka akan mewakili Provinsi Bengkulu ke Lomba Kompetensi Siswa (LKS) tingkat nasional.

\"Kita patut berbangga karena ada tiga pelajar kita yang akan mengikuti lomba LKS tingkat nasional ke XXV,\" ungkap Mirliani MPd, guru yang akan mendampingi ketiga siswa tersebut ke LKS tingkat nasional.

Mirliani yang juga merupakan Wakil Ketua PGRI Provinsi Bengkulu, mengatakan, kegiatan lomba LKS tingkat nasional tersebut akan dilaksanakan mulai tanggal 14 hingga 20 Mei 2017 ini dan dilaksanakan di Kota Surakarta atau Solo Jawa Tengah.

\"Kita berharap diajang tersebut, ketiga siswa kita ini bisa mengukir prestasi sehingga bisa mengharumkan nama baik Provinsi Bengkulu dan Kabupaten Rejang Lebong khususnya,\" harap Mirliani.

Ketiga pelajar berprestasi yang membangkan daerah tersebut adalah Eka Ayu Lestari, pelajar SMKN 4 Rejang Lebong, ikut lomba LKS bidang teknologi pengolahan hasil pertanian. Salah satu terobosan yang dilakukan Ayu adalah terkait dengan pengolahan bahan mentah dari non kedelai.

\"Salah satu terobosan yang dilukan Ayu ini adalah membuat tahu dari kacang tanah, kalau dari kacang kedelai kan sudah umum,\" terang Mirliani.

Kemudian siswa lainnya adalah Bimantoro, siswa Kelas XII Agribisnis Ternak Unggas SMKN 3 Rejang Lebong. Dalam perlombaan tersebut, Bimantoro memperaktekkan terkait cara budidaya ternak ayam broiler atau ayam putih.

Dimana nanti ia akan memperaktekkan mulai pemilihan jenis anakan ayam dan kemudian dikelompokkan menjadi jantan dan petina. Kemudian tekhnik memilih ayam yang sehat dan sakit, tata cara vaksinasi hingga pembedahan untuk melihat organ dalam dari ayam broiler sendiri.

Kemudian satu lagi masih dari SMKN 3 Rejang Lebong atas naman Julian Rizki. Siswa Kelas XII Agribisnis Perikanan akan memperaktekkan tentang tata cara berbudidaya ikan, mulai dari memilih indukan, mengawinkan hingga proses penetasan dan pemijahan telur.(251)

Tags :
Kategori :

Terkait