Tekan Pernikahan Dini Melalui PIKR

Rabu 29-03-2017,15:40 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

BENTENG, Bengkulu Ekspress - Badan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak (BPPPA dan KB) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) gencar memberdayakan 39 Pusat Informasi Konseling Remaja (PIKR) yang ada di Kabupaten Benteng, baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan masyarakat.

\"Sejauh ini, tercatat sebanyak 39 PIKR terdata di BPPKB Benteng. Mereka akan terus kita berdayakan secara optimal untuk mengurangi angka pernikahan dini, terutama pada usia remaja yang masih sekolah (pelajar,red),\" kata Kepala BPPPA dan KB Kabupaten Benteng, Sri Haryati Prasetya STP.

Menurut Sri, PIKR merupakan salah satu wadah yang dibentuk di lingkungan sekolah untuk menampung seluruh aspirasi dan memecahkan seluruh permasalahan internal yang dialami oleh remaja sekolah.

\"PIKR merupakan salah satu program kita sebagai wadah kegiatan remaja di sekolah. PIKR diharapkan mampu menjadi tempat bagi remaja yang tengah mengalami permasalahan pribadi untuk berkonsultasi,\" ungkapnya.

Dijelaskan Sri, mengoptimalkan peran serta PIKR yang ada, pihaknya akan melakukan pembinaan secara maksimal. Salah satunya adalah dengan menggelar penyuluhan dan pembinaan di sejumlah sekolah untuk memberikan pemahaman mengenai dampak negatif dari pergaulan bebas dan risiko pernikahan dini.

\"PIKR berada dalam pengawasan BPPPA dan KB, sebab itulah kami akan terus melakukan pembinaan kepada mereka. Kami harap PIKR bisa menjadi perpanjangtangan pemerintah untuk mengurangi persoalaan remaja,\" pungkas Sri.(135)

Tags :
Kategori :

Terkait