Lebong Atas dan Lebong Tengah Sentra Aren

Rabu 29-03-2017,10:00 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

LEBONG ATAS,Bengkulu Ekspress - Potensi gula aren menjadi produk unggulan di Kabupaten Lebong sangat tinggi. Sentral pengelolaan aren itu ada di Kecamatan Lebong Atas (LA) dan Kecamatan Lebong Tengah (LT).

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (DPPK UKM) Kabupaten Lebong Drs Achmad Gozali menuturkan kepada Bengkulu Ekspress kemarin (28/3/2017), \'\'Berdasarkan data Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (DPPK UKM) Kabupaten Lebong, saat ini ada 2 kecamatan yang menjadi sentra gula aren, di Kecamatan Lebong Atas dan Kecamatan Lebong Tengah. Sepuluh Kecamatan lain juga memiliki potensi, namun belum tergarap maksimal.\'\'

Saat ini DPPK UKM sudah membina 5 kelompok pengrajin di Desa Danau Liang, Kecamatan Lebong Tengah dan Kecamatan Lebong Atas. Diakui pembinaan yang dilakukan belum maksimal.

Karena minimnya anggaran untuk bantuan usaha tersebut. Kendala lainnya, produksi gula aren saat ini masih dijadikan sebagai mata pencarian sampingan oleh masyarakat.

\'\'Padahal kualitas gula aren yang kita miliki berdasarkan hasil penelitian dari Universitas Bengkulu (UNIB) salah satu yang terbaik,\" imbuhnya.

Ditambahkan Gozali, meski potensi yang dimiliki cukup besar, karena anggaran belum memadai berdampak bantuan yang diberikan pada kelompok pengrajin gula aren juga terbatas. Untuk itu, dinasnya berupaya mencari bantuan dari Pemerintah RI. Terutama untuk peralatan pengolahan gula area menjadi gula semut. Usulan bantuan ini sudah di sampaikan ke Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM). (777)

Tags :
Kategori :

Terkait