Pelindo Mulai Keruk Alur Pulau Baai

Jumat 10-03-2017,21:24 WIB

BENGKULU, bengkuluekspress.com - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II Cabang Bengkulu mulai melakukan pengerukan alur Pelabuhan Pulau Baai Bengkulu. Pengerukan dilakukan untuk mengembalikan kondisi alur yang saat ini mengalami pendangkalan. Saat ini kedalaman alur hanya sekitar minus 4 meter dan akan dikeruk hingga kedalaman minus 10 meter.

GM PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II Bengkulu, Drajat Sulistyo mengatakan, pengerukkan alur akan dilakukan oleh PT Pengerukan Indonesia (Rukindo) selama 45 hari kedepan dengan menggunakan kapal keruk dari Afrika Selatan.

\"Kapal keruk sudah didatangkan. Mudah - mudahan selesai 1.5 bulan sampai dengan kedalamanan minimal minus 10 meter,\" kata Drajat, Jumat (10/03/2017).

Dijelaskan Drajat, dalam satu hari kapal tersebut dapat mengeruk pasir sekitar 20.000 m3. Jika dilakukan selama 1,5 bulan maka lebih dari 600.000 m3 kubik pasir bisa dikeruk dari alur Pulau Baai. Ratusan kubik pasir yang telah dikeruk tersebut akan disemprotkan ke daerah - daerah pantai yang mengalami abrasi.

\"Pengerukan diharapkan bisa dilakukan lebih cepat, sehingga kapal - kapal diatas minus 8 bisa cepat masuk,\" ucap Drajat.

Selama proses pengerukkan, lanjut Drajat, pelayanan di Pelabuhan Pulau Baai akan tetap berjalan seperti biasa. Hal ini dikarenakan, sistem kerja kapal keruk tersebut tidak statis, melainkan berjalan terus. Jadi, ketika ada kapal yang masuk maka kapal keruk tersebut bisa minggir.

\"Pelabuhan berjalan normal. Proses pelayanan di Pulau Baai tetap berjalan meskipun ada pengerukan. Jadi tidak ada yang terhambat,\" katanya. (Dil)

Tags :
Kategori :

Terkait