Pramuka Cetak Generasi Berkepribadian

Selasa 14-02-2017,14:20 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

BENGKULU, Bengkulu Ekspress - Wakil Walikota Bengkulu Ir Patriana Sosialinda mengukuhkan gerakan pramuka gugus depan 06-067 Sentot Ali Basyah dan 06-068 Nawangwulan Universitas Dehasen Bengkulu di aula kampus Unived, kemarin (13/2).

Dalam sambutannya, Linda yang juga sebagai Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka 0704 Kota Bengkulu ini mengapresiasi seluruh anggota pramuka di Kota Bengkulu. Sebab, tanpa kekompakan dari setiap anggota tidak mungkin dapat menambah gugus pramuka di Kota Bengkulu.

Selain itu, ia juga mengapresiasi kinerja dari Universitas Dehasen (Unived) yang telah memberikan ruang dan kesempatan kepada anggota pramuka untuk mengembangkan bakatnya di Unived.

\"Untuk Dehasen ini yang pertama sekali. Untuk itu, mereka bisa mengajak teman-temannya membesaran pramuka karena pramuka inilah yang begitu menjiwai dan memaknai jati luhur dan kepribadian Bangsa Indonesia,\" paparnya.

Linda menjelaskan, melalui gerakan pramuka, maka rasa nasionalisme dalam diri mahasiswa dapat terus terjaga. Sebab, dalam pramuka diajarkan nilai kebangsaan dan kenegaraan. Untuk itu, anggota pramuka memiliki karakter yang kuat dalam kebangsaan dan cerdas dalam berfikir.

Ia menambahkan, penting sekali bagi generasi yang lahir hari ini ikut dalam gerakan pramuka. Sebab, ditengah kemajuan zaman yang menuntut segala sesuatu diselesaikan secara cepat. Dengan situasi itu sangat memungkinkan anak akan kehilangan karakter ke Indonesiaannya.

\"Anggota pramuka itu pasti memiliki nilai tepo seliro, tenggang raso, gotong royong, musyawarah mufakat, dan empatinya tinggi. Apa lagi ditengah kemajuan zaman yang serba instan hanya akan membentuk anak-anak yang semuanya gampangan,\" tegasnya.

Untuk itu, Linda berharap melalui gerakan pramuka akan mencetak generasi penerus yang cerdas, berkepribadian, tangkas, cakap, memiliki daya inovasi, dan mampu bertahan dengan segala bentuk tantangan zaman.

Sementara itu, Ketua Yayasan Dehasen Bengkulu Dr Bando Amin C Kader mengungkapkan seluruh anggota pramuka 06-068 Nawangwulan Universitas Dehasen Bengkulu harus memiliki semangat juang, dan semangat untuk bersaing yang tinggi.

\"Intinya dengan adanya gerakan pramuka ini supaya jiwa pramuka dapat di tularkan kepada kawan-kawan yang lain. Selain itu bisa menjadi bekal dan pegangan hidup,\" ujar mantan Bupati Kabupaten Kepahiang 2 periode tersebut.

Selain aktif di pramuka, Bando juga mengajak seluruh mahasiswa Unived untuk terus mengembangkan diri melalui seluruh unit kegiatan mahasiswa lainnya yang ada di kampus. Termasuk terus meningkatkan ilmu agama dan kemampuan bahasa asing.

\"Silakkan manfaatkan seluruh fasilitas kampus ini untuk mengembangkan diri. Tingkatkan terus keterampilan, dan keimanan,\" pungkasnya.(cw1)

Tags :
Kategori :

Terkait