Ratusan Desa Belum Serahkan LPj DD

Selasa 07-02-2017,13:20 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

BENTENG, Bengkulu Ekspress - Menghindari molornya percairan dana desa (DD) bantuan pemerintah pusat tahap I tahun 2017 ini, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) menginstruksikan para kepala desa (Kades) agar segera menyerahkan laporan pertanggungjawab (LPj) realisasi DD tahap II 2016 lalu.

Bahkan, hingga Senin (6/2) kemarin, baru sebanyak 5 (lima) desa yang menyampaikan laporan realisasi DD tersebut. Kelimanya adalah Desa Talang Empat Kecamatan Karang Tinggi, Desa Rindu Hati Kecamatan Taba Penanjung dan 3 Desa di Kecamatan Taba Penanjung.

\"Hingga sore ini (kemarin), baru 5 desa yang sudah menyampaikan laporan. Sedangkan 137 desa lainnya belum ada kabarnya,\" jelas Kasubag Pemerintahan Desa DPMPD Kabupaten Benteng, Samsudin SSos dikonfirmasi BE, kemarin.

Dijelaskan Samsudin, dari 5 desa yang telah menyerahkan, pihaknya masih akan melakukan pemeriksaan kelengkapan laporan sebelum diteruskan ke Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Benteng. Setelah diproses di KBD, laporan tersebut akan disampaikan ke pemerintah pusat sebagai syarat pencairan DD tahap pertama tahun ini.

\"Laporan baru saja kita terima. Kita akan rekap dulu setelah itu baru disampaikan ke BKD,\" ungkap Samsudin.

Untuk mengingatka Kades, jelas Samsudin, pihaknya sudah meyampaikan surat edaran kepada Kades melalui pemerintah kecamatan agar penyampaian laporan penggunaan DD bisa dilakukan sejak tanggal 5 Februari 2017 lalu ke DPMPD Benteng.

\"Laporan yang disampaikan ke DPMPD harus terlebih dahulu diperiksa (verifikasi) oleh camat masing-masing,\" demikian Samsudin.(135)

Tags :
Kategori :

Terkait