Sport Center Internasional Dibangun Tahun Ini

Kamis 26-01-2017,13:10 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

BENGKULU, Bengkulu Ekspress - Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Bengkulu berencana akan memulai pembangunan sarana olahraga bernama Bengkulu International Sport Center pada tahun ini.

\"Bengkulu International Sport Center itu adalah komplek pusat olahraga terpadu. Jadi semua fasilitas olahraga ada disana. Ya seperti komplek olahraga Jaka Baring yang ada di Sumatera Selatan. Rencananya kita bangun di Benteng, namun sepertinya masih banyak kendala pembebasan lahan, kita lihat nanti,\" ungkap Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dispora Provinsi Bengkulu H Meri Sasdi Jantan MPd kepada Bengkulu Ekspress.

Dijelaskannya, program pembangunan Bengkulu International Sport Center tersebut merupakan program yang digagas oleh Gubernur Bengkulu Dr H Ridwan Mukti.

Selain rencana pembangunan 10, Dispora tahun ini juga akan melakukan perbaikan dan pembangunan sarana olahraga dalam rangka untuk menyambut Pekan Olahraga Wilayah yang akan digelar pada 2019 mendatang.

\"Untuk persiapan Porwil akan kita mulai pada 2017 ini, sebagian sarana olahraga ada yang akan kita buat baru, namun ada juga yang hanya kita rehab saja,\" jelasnya.

Meri menambahkan, fasilitas olahraga yang akan dibangun pada 2017 ini adalah lintasan lari sintetis, sementara fasilitas olahraga yang akan direhab adalah kolam renang. Hal tersebut dilakukan agar nantinya semua fasilitas sarana olahraga di Provinsi Bengkulu sesuai dengan standar yang telah ditetapkan dalam Porwil.

\"Kalau lokasi pembuatan lintasan lari sintetis itu awalnya kita mau buat di Unib, namun tidak jadi karena katanya Unib terkendala lahan. Lahannya akan dijadikan gedung fakultas baru. Rencananya kita akan buat di Stadion Sawah Lebar saja,\" paparnya.

Dijelaskannya, anggaran untuk perbaikan maupun pembangunan baru fasilitas olahraga untuk menyambut Porwil tersebut sudah diajukan di 2016, namun karena banyak pemangkasan anggaran terpaksa di 2016 belum bisa direalisasikan. Kendati demikian, ia menyebutkan, pada APBD 2017 Dispora Provinsi Bengkulu akan kembali mengajukan anggaran untuk fasilitas olahraga menyambut Porwil.

Selain itu, dalam rangka menyambut visit Provinsi Bengkulu 2020, Dispora Provinsi Bengkulu akan memetakan dan mempersiapkan beragam olahraga rekreasi tradisional yang ada di Provinsi Bengkulu. Dijelaskannya, Provinsi Bengkulu sangat banyak memiliki olahraga tradisional, namun sayangnya tidak banyak yang mengetahui dan tidak dilestarikan. Seperti di Kabupaten Rejang Lebong memiliki olahraga rekreasi tradisional Chip.

\"Tradisi masing-masing daerah di Provinsi Bengkulu juga bisa kita angkat menjadi olahraga rekreasi tradisional, asalkan dia memiliki unsur geraknya,\" bebernya.

Meri berharap pada 2017 semua program yang telah direncakan oleh Dispora Provinsi Bengkulu dapat terealisasi, baik program event olahraga, perbaikan sarana olahraga, maupun pembinaan atlet. Sehingga Provinsi Bengkulu dapat terus meningkatkan prestasi dibidang olahraga.(cw1)

Tags :
Kategori :

Terkait