Bupati: Pemdes Jangan Bangun Jalan Kabupaten dan Provinsi

Rabu 25-01-2017,11:00 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

KEPAHIANG, BE - Bupati Kepahiang, Dr Ir Hidayatullah Sjahid MM mengingatkan, Pemerintah Desa (Pemdes) agar tidak menggunakan Dana Desa (DD) untuk membangun infrastruktur jalan yang merupakan kewenangan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan Pemerintah Provinsi (Pemprov). Sebab, DD diharapkan dapat digunakan oleh masing-masing Kepala Desa (Kades) untuk membangun sarana dan prasarana vital yang dibutuhkan masyarakat setempat.

\"Jangan membangun jalan kabupaten maupun provinsi, gunakan dana sesuai dengan kebutuhan masyarakat di desa,\" ungkap Bupati, Selasa (24/1) saat menghadiri perayaan HUT Desa Meranti Jaya Kecamatan Ujan Mas.

Bupati menegaskan, bila alokasi DD dan Anggaran Dana Desa (ADD) masing-masing desa di Kabupaten Kepahiang tahun 2017 mengalami peningkatan. Sehingga masing-masing desa mendapatkan dana mencapai Rp 1 miliar lebih.

\"Sebanyak 105 desa yang ada di Kepahiang, akan mendapat jatah anggaran kurang lebih Rp 1 miliar perdesa. Dari total jumlah angka tersebut setiap tahunnya memungkinkan untuk terus bertambah,\" sebutnya.

Diharapkan Bupati, seluruh desa memiliki rencana pembangunan sesuai dengan tupoksi dari pelaksanaan dan kebutuhan desa. Sehingga nantinya dari dana DD dan ADD lebih fokus terhadap kebutuhan yang diharapkan masyarakat

\"Jangan jalan pemerintah provinsi ataupun jalan Kabupaten dibangun dari dana tersebut. Karena tupoksinya sudah dari Pemprov dan kabupaten, harapannya dana yang diberikan tiap desa dapat dibangun sesuai dengan kebutuhan dari masyarakat, seperti halnya jalan usaha tani ,jalan lingkungan desa ataupun gorong gorong,\" tegas Hidayatullah. Bupati juga berharap, dari dana yang dikucurkan kepada seluruh desa dapat dimanfaatkan efektif untuk pembangunan di setiap desa.

\"Kami juga berharap nantinya dengan dana yang diterima tiap desa dapat dimanfaatkan. Sehingga setiap desa dapat menjadi desa yang mandiri dan sejahtera,\" harap Hidayatullah.

Bupati juga menyampaikan, di tahun 2017 Pemkab Kabupaten Kepahiang juga telah mengesahkan APBD. Kepahiang akan menerima APBD Provinsi dan ditambah dengan Dana Alokasi Khusus (Dak). \"Alhamdulillah kita Pemkab Kepahiang juga telah mengesahkan APBD Kepahiang yang nilainya kurang lebih Rp 700 M dan dari APBD Provinsi, Pemkab juga akan menerima Rp 72 M yang nantinya akan kita alokasikan utuk pembangunan jalan, drainase dan irigasi,\" imbuh Bupati. (320)

Tags :
Kategori :

Terkait