Kemewahan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bengkulu

Sabtu 14-01-2017,09:20 WIB
Reporter : redaksi
Editor : redaksi

Miliki 14 Dokter Spesialis, Pelayanan Bak Hotel Bintang Lima

Berdiri kokoh tepat dijantung Kota Bengkulu, dengan kombinasi antara warna biru dan oranye menambah kemegahan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bengkulu. Siapa sangka, bangunan bekas gedung kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bengkulu itu kini telah berubah menjadi pusat kesehatan bagi masyarakat Kota Bengkulu.

CARMINANDA, Kota Bengkulu

Sejak didirikan pada tahun 2013 lalu, Pemerintah Kota Bengkulu terus melakukan pembenahan pada RSUD Kota Bengkulu. Tidak main-main, puluh miliar dana dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Bengkulu telah dikucurkan untuk untuk meningkatkan kualitas sarana dan prasarana pada RSUD Kota Bengkulu tersebut. Tentunya, pembenahan itu merupakan bukti keseriusan Pemkot untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi seluruh masyrakat Kota Bengkulu.

Meski awalnya sempat sedikit menerima pasien, kini seiring dengan peningkatan kualitas fasilitas kesehatan pada RSUD Kota Bengkulu, masyarakat mulai berduyun-duyun datang untuk berobat disana.

Selama 2016, tercatat tak kurang dari 7655 pasien yang telah dilayani oleh RSUD Kota Bengkulu. Angka tersebut cukup menjanjikan untuk ukuran rumah sakit yang baru berdiri sekitar kurang dari 3 tahun.

Walikota Bengkulu H Helmi Hasan SE dalam beberapa kesempatan selalu menyampaikan bahwa impian masyarakat Kota Bengkulu yang menginginkan memiliki rumah sakit sendiri akhirnya bisa tercapai.

Tidak lain, berdirinya rumah sakit itu adalah untuk memastikan bahwa masyarakat Kota Bengkulu mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak. Untuk itu, peningkatan tenaga medis, fasilitas kesehatan terus ditingkatkan.

\"Kita berusaha bahwa pelayanan kesehatan pada RSUD Kota Bengkulu ini harus sama dengan hotel bintang 5,\" ungkap Helmi dalam beberapa kesempatan.

Pelayanan hotel bintang 5 tersebut bukanlah isapan jempol belaka, terbukti dari data indeks kepuasan pasien RSUD Kota Bengkulu 2016 lebih dari 50% pasien menyatakan puas dengan pelayanan kesehatan pada RSUD Kota Bengkulu. Data tersebut menyebutkan, untuk fasilitas ruangan perawatan 52,5% pasien merasa puas, 45,9% pasien merasa sangat puas, dan hanya 2,5% saja yang merasa tidak puas. Sementara untuk kebersihan, 52% pasien menyatakan puas, 42% sangat puas, dan hanya 5% yang tidak puas.

Selain fasilitas, lebih dari 50% pasien juga merasa puas dengan pelayanan yang diberikan perawat, bidan, maupun dokter di RSUD Kota Bengkulu, 45% menyatakan sangat puas, dan hanya 5% saja yang tidak puas. Data tersebut menunjukkan, keseriusan Pemkot untuk memberikan pelayanan kesehatan yang maksimal bagi masyarakat Kota Bengkulu.

Selain itu, RSUD Kota Bengkulu ini juga melayani masyarakat Kota Bengkulu yang benar-benar tidak mampu namun tetap bisa berobat. Hal itu sesuai dengan program Walikota Bengkulu yaitu Jemput Sakit Pulang Sehat Insya Allah.

Sementara itu, Direktur RSUD Kota Bengkulu dr Lista Cerlyviera menerangkan, sebelumnya RSUD Kota Bengkulu hanya memiliki 65 tempat tidur saja, namun setelah dilakukan penambahan gedung saat ini RSUD Kota Bengkulu memiliki 119 tempat tidur, yang terbagi dari kelas 3, 2, 1 dan VIP. Kelas III 8 tempat tidur dalam 1 ruangan, kelas 2 4 tempat tidur dalam 1 ruangan, kelas 1 2 tempat tidur dalam satu ruangan. \"Untuk kelas III kita ada 34 tempat tidur, dan VIP kita ada 15 tempat tidur,\" ungkapnya.

Saat mengunjungi salah satu ruangan kelas III Safa, terlihat seluruh tempat tidurnya merupakan tempat tidur elektrik. Tempat tidur yang dapat dimajukan dan dimundurkan sesuai dengan permintaan pasien. Menariknya, setiap ruangan juga telah terdapat air conditioner (ac). Jarak antara satu tempat tidur ke tempat tidur sebelahnya juga tidak terlalu mepet. Antar tempat tidur itu dibatasi dengan tirai berwarna biru. Sehingga ketenangan dan kenyamanan pasien tetap terjaga. Kamar mandinya juga bersih, terdapat ventilasi, dan ruangannya cukup besar sehingga sirkulasi udara dapat bertukar setiap saat.

Selain itu, RSUD Kota Bengkulu kini telah memiliki 14 orang dokter spesialis dan 7 orang dokter umum yang setiap hari ada di RSUD Kota Bengkulu. Diantaranya, dokter spesialis Obgyn, spesialis penyakit dalam, spesialis anastesi, spesialis gigi, spesialis tht, spesialis bedah, spesialis patologi klinik, dan spesialis anak. Lista menyampaikan, seluruh dokter yang ada di RSUD Kota Bengkulu merupakan putra daerah Bengkulu sendiri. Hanya saja, khusus untuk spesialis bedah RSUD masih bekerjasama dengan salah satu rumah sakit di Jakarta.

\"Untuk dokter bedah kita masih MoU, sebenarnya dokternya itu orang Bengkulu juga, tapi sekarang dia bekerja diluar Bengkulu, rencananya kita mau tarik untuk menetap di RSUD Kota Bengkulu,\" bebernya.

Lista menyebutkan, seluruh perawat maupun dokter yang ada di RSUD Kota Bengkulu ditekankan untuk selalu memberikan pelayanan dengan ramah kepada seluruh pasien maupun keluarga pasien. Para perawat harus selalu memberikan senyuman, melayani dengan tulus, dan tidak tergesa-gesa. \"Ditekankan kepada perawat untuk selalu senyum dan ramah, kalau ada laporan masyrakat dia kurang ramah langsung kita tindak lanjuti, karena komitmen kami memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat. Mau dia pasien kelas 3, kelas, 2 tidak ada bedanya. Semua harus sama pelayanannya,\" tegasnya.

Selain memberikan pelayanan BPJS, RSUD Kota juga memberikan tarif yang murah untuk pasien umum. Misalnya pada pasien yang ingin dirawat kelas II hanya perlu membayar sebesar Rp 100 ribu per malam untuk ruangan dan dokter.

Kenyamanan tidak hanya ditemui saat memasuki ruangan rawat inap saja, melainkan kenyaman juga mulai dirasakan sejak memasuki gedung RSUD Kota Bengkulu. Sebab, ketika sudah memasuki gedung RSUD Kota Bengkulu, akan dapat merasakan hawa sejuk dari ac yang ada disetiap ruangan.

Kenyamanan juga dapat dirasakan ketika mulai memasuki lorong-lorong dalam rumah sakit ini. Karena, dari setiap lorong rumah sakit ini langsung dapat melihat kearah kaca besar yang menghadap keluar RSUD Kota Bengkulu. Sehingga pemandangan lalu lalang dan keramaian Kota Bengkulu dapat terlihat.(**)

Tags :
Kategori :

Terkait