Dinas P3K: Cetak Sawah Baru Ribuan Hektar

Sabtu 29-10-2016,14:00 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

PROGRAM cetak sawah baru di wilayah Kabupaten Mukomuko telah dipastikan berjalan pada tahun depan dengan luasan sekitar 1.500 hektar.

“Potensinya mencapai 3.600 hektar. Ini hasil survei yang dilakukan provinsi dan pihak konsultan di lapangan. Kabupaten Mukomuko  berpeluang besar akan disetujui pemerintah dengan luas 1.500 hektar,” ujar Kepala Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan dan Kehutanan (P3K) Kabupaten Mukomuko, Eddy Aprianto  dikonfirmasi Bengkulu Ekspress. Mekanisme pengerjaan program cetak sawah itu nantinya akan  dilakukan secara swakelola masyarakat bersama TNI. Lokasi 1.500 hektar itu di Kecamatan XIV Koto, Lubuk Pinang, V Koto dan Air Manjunto.

“Lokasi itu yang kita prioritaskan dan lokasinya telah ada aliran irigasi. Sedangkan ribuan hektar lainnya juga akan dilakukan hal yang sama, tetapi secara bertahap,” katanya.

Anggaran untuk pelaksanaan cetak sawah baru bersumber dari Pemerintah Pusat melalui Provinsi Bengkulu   sebesar Rp 16 juta/hektar.

\"Program ini tidak ada ganti rugi lahan, tetapi berdasarkan usulan dari kelompok tani dan hasil survei di lokasi,” lanjut Eddy. (900)

Tags :
Kategori :

Terkait