Jalan Lintas Curup – Lubuklinggau Longsor

Rabu 26-10-2016,10:00 WIB
Reporter : redaksi
Editor : redaksi

TNI-Polri Pasang Garis Pengaman

LEMBAK BE- Hujan deras yang di sertai angin kencang mengguyur wilayah Lembak Kabupaten Rejang Lebong (RL) semenjak Selasa (25/10) tengah hari kemarin sekira pukul 12.00 WIB mengakibatkan dua titik ruas jalan lintas Curup Lubuklinggau longsor.

Titik pertama ruas jalan yang longsor persisnya di sawangan Desa Cahaya Negari Kecamatan Sindang Kelingi dengan Jembatan Dusun Gardu Desa Kepala Curup Kecamatan Binduriang. Titik kedua terjadinya longsor berada di Sawangan Desa Muara Telita Kecamatan Padang Ulak Tannding (PUT) dengan Sawangan Desa Taktoy.

Untuk ruas jalan lintas Curup Lubuklinggau di sawangan Desa Muara Telita Kecamatan PUT jalan yang amblas akibat longsor di perkirakan panjangnya mencapai lebih dari 10 meter dengan kedalaman mencapai 15 meter lebih dan aspal jalan yang amblas akibat longsor mencapai 5 Cm yang amblas ke dalam Sungai Kelingi.

Sedangkan titik longsor ke dua di Sawangan Jembatan Gardu Desa Kepala Curup dengan Desa Cahaya Negri dengan panjang lebih dari 10 meter dengan ketinggian longsor mencapai 10 meter dan tanah yang menimbun badan jalan dengan ketinggian 1,5 meter.

Untuk membuka akses jalan tertimbun tanah longsor jajaran TNI dari Koramil 409-03 PUT melibatkan 26 anggota TNI bersama dari pihak Kepolisian Sektor (Polsek) Sindang Kelingi dan di bantu warga sekitar membuka akses jalan dengan alat seadanya.

Sebelum di akses jalan bisa di lintasi kendaraan butuh waktu hingga satu jalan lebih untuk membuka akses jalan tertimbun tanah longsor dengan menggunakan alat seadanya .

Dandim RL Letkol Kav Hendra Setiawan Nuryahya SH melalui Danramil 409-03 PUT Kapten Inf Untuk Pribadi mengatakan untuk membuka akses jalan pihaknya melibatkan sebanyak 26 anggota TNI dari Koramil PUT bersama pihak Polsek Sindang Kelingi di bantu warga sekitar \"Ya untuk membuka akses jalan yang tertimbun longsor kita bergotong royong membersihkanya dengan mengunakan alat seadanya ,\"ujar Danramil.

Terpisah Kapolres RL AKBP Napitupulu Yogi Yusuf, SH,S.Ik melalui Kapolsek PUT Iptu Djarkoni mengatakan untuk longsor di sawangan Desa Muara Telita dengan Taktoy Kecamatan PUT saat ini pihaknya sudah memasang garis polisi di sepanjang jalan yang longsor serta amblasnya aspal jalan. \"Ya saat ini di lokasi itu sudah di pasang garis polisi guna mengingatkan pengendara yang melintas,\" ujar Kapolsek .

Dijelaskanya untuk saat ini arus lalu lintas kembali normal dan pengendara terpaksa satu persatu melintas atau mengantri karena badan jalan yang amblas dikwatirkan akan longsor lagi bila di lintasi kendaraan bertonase tinggi saat berpapasan. \"Pihaknya mengimbau kepada pengendara yang melintas di lokasi tersebut supaya berhati hati dikarenkan ruas jalan menyempit ,\"pungkasnya.(222)

Tags :
Kategori :

Terkait