PNPM Pisew Dikucurkan Rp 12,5 M

Sabtu 19-01-2013,11:49 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

TUBEI,BE - Tahun anggaran 2013 ini, 7 kecamatan di Kabupaten Lebong mendapat dana PNPM Pisew sebesar Rp 12,5 miliar. Ketujuh kecamatan yakni, Topos, Bingin Kuning, Lebong Sakti, Uram Jaya, Amen, Pinang Belapis dan Pelabai. Hal ini diungakap Kepala Bappeda Lebong, Mirwan Effendi SE MSi kepada wartawan kemarin.

\"Tahun ini PNPM Pisew yang kita terima sama dengan tahun lalu. Alokasinaya untuk pembangunan dan pengembangan infrastruktur, sosial dan ekonomi wilayah 7 kecamatan. Dana dibagi rata, masing-masing kecamatan mendapatkan anggaran Rp 1,5 milliar. Tapi pembagiannya tidak sama untuk masing-masing desa, sebab penetuan dana yang di terima desa dilihat dari keberhasilan sebeluamnaya,” ungkap Mirwan.

Dijelaskannya, beberapa kegiatan fisik yang bisa dilaksanakan masyarakat dengan dukungan PNPM PISEW itu di antaranya pembangunan jalan desa, pembangunan jalan usaha tani, pembangunan sarana air bersih, pasar desa, irigasi desa. Selain itu, kegiatan pembangunan infrastruktur lainnya yang menyentuh langsung kepentingan warga juga dapat dilakukan. \"Semua program yang akan dilaksanakan itu nanti, sudah dibahas pada tahun 2013 ini,\" kata Mirwan.

Lebih lanjut, dikatakannya, setap kegiatan yang didanai PNPM Pisew merupakan rencana program yang diajukan oleh masing-masing desa penerima dana itu sendiri. Pelaksanaannya dilakukan Lembaga Keswadayaan Desa (LKD). \"Kegiatan dirancang oleh masyarakat dan pelaksanaanya juga di lakukan oleh masyrakat. Dalam realisasinya, LKD akan dibantu fasilitator  masing-masing kecamatan,\"  pungkas Mirwan.(777)

Tags :
Kategori :

Terkait