Lagi, jamaah Haji Bengkulu Meninggal

Rabu 21-09-2016,09:20 WIB
Reporter : redaksi
Editor : redaksi

  CURUP, BE - Kabar duka kembali datang dari jamaah haji asal Provinsi Bengkulu di tanah suci Makkah. Kabar duka tersebut setelah adanya satu jamaah haji asal Kabupaten Rejang Lebong yang meninggal dunia.

Terkait dengan kabar duka tersebut, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Rejang Lebong, Drs HM Ch Naseh MEd membenarkan informasi tersebut. Naseh menyampaikan, jamaah haji yang meninggal tersebut adalah Heri Jemingan Karso (72) warga Dusun I Desa Kesambe Lama Kecamatan Curup Timur.

\"Kabar duka memang ada dari rombongan jamaah haji kita, dimana satu jamaah haji kita meninggal dunia,\" jelas Naseh.

Dijelaskan Naseh, jamaah haji tersebut meninggal pada Senin (19/9) WIB sekitar pukul 22.00 waktu Arab Saudi atau sekitar pukul 02.00 WIB Selasa (20/9) dini hari waktu Indonesia.

Almarhum meninggal dengan mendadak dan tidak terkena penyakit sama sekali. Karena pada Senin malam waktu Indonesia ya menghubungi dokter yang mendampingi jamaah haji asal Rejang Lebong. Saat dihubungi tersebut, dokter mengaku semuanya dalam keadaan sehat.

\"Malamnya saya telepon semuanya dalam keadaan sehat, namun saat saya telepon tadi pagi (kemarin) disampaikan bahwa satu jamaah haji kita meninggal dunia,\" jelas Naseh.

Dijelaskan Naseh, almarhum meninggal di tanah suci Makkah dan langsung dimakamkan Selasa siang kemarin. Sebelumnya yang jenazah almarhum di salatkan oleh jutaan umat muslim yang baru selesai menunaikan ibadah haji.

Tiba di Bengkulu Jumat

Sementara itu, terkait dengan kedatangan jamaah haji asal Rejang Lebong yang tergabung dalam kloter 4 embarkasi Padang, Naseh mengatakan, akan tiba di Kota Bengkulu sekitar pukul 06.30 WIB pada Jumat (23/9) ini dan langsung menuju embarkasi antara Bengkulu. Kemudian setelah itu pada pukul 08.00 WIB akan dilakukan serah terima dari pemerintah Provinsi Bengkulu ke Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong.

Lebih lanjut Naseh menjelaskan, setelah dilakukannya serah terima kemudia, jamaah haji asal Rejang Lebong akan istrihat. Kemudian sekitar pukul 10.00 WIB dilanjutkan dengan persiapan menaiki bus untuk menuju Rejang Lebong yang akan disambut di Masjid Agung Baitul Makmur Kota Curup.

\"Kita perkirakan jamaah haji kita berangkat dari embarkasi antara pukul 11.00 WIB dan tiba di Rejang Lebong sekitar pukul 13.00 WIB setelah masyarakat menunaikan ibadah Salat Jumat, sedangkan jamaah haji kita tidak melaksanakan Salat Jumat karena mereka masih musafir,\" jelas Naseh.

Kemudian, untuk penyambutan oleh Bupati Rejang Lebong akan dimulai sekitar pukul 14.00 WIB. Setelah itu, para jamaah haji bisa pulang ke rumah masing-masing. Dalam penyambutan jamaah haji ini, Naseh menegaskan, keluarga tidak boleh masuk ke dalam pekarangan Masjid Agung terlebih lagi masuk ke dalam masjid.

\"Setelah acara penyambutan selesai, nanti jamaah haji kita akan diantar oleh panitia keluar pagar masjid menuju keluarga yang menunggu didepan pagar, karena keluarga yang menjemput tidak diperkenankan masuk ke dalam pekarangan masjid,\" jelas Naseh.

Sementara itu, untuk pengambilan koper dan air zam-zam yang dibawa para jamaah haji asal Rejang Lebong. Menurut Naseh akan dilakukan pada keesokan harinya yaitu pada Sabtu (24/9) di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rejang Lebong dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB.(251)

Tags :
Kategori :

Terkait