Pembunuh Petani Kopi Diringkus di Sumbar

Kamis 15-09-2016,09:30 WIB
Reporter : redaksi
Editor : redaksi

  BINTUHAN, BE - Pelarian Slamet alias Joko (31), warga asal Jawa, pelaku utama pembunuhan terhadap petani kopi Budiman (65), warga asal Belitang Kabupaten OKU Timur Sumatera Selatan, tinggal di Desa Air Kemang RT 04 Desa Ulak Bandung Kecamatan Muara Sahung Kabupaten Kaur, akhirnya berakhir di tangan tim Buser Polres Sijunjung Provinsi Sumatera Barat, Selasa (13/9).

“Ya untuk satu pelaku pembunuhan petani di Muara Sahung yang sudah kita tetapkan DPO itu sudah ditangkap oleh tim Buser Polres Sijunjung. Pelaku sedang kita jemput,” kata Kapolres Kaur AKPB Bambang Purwanto SIK, Rabu (14/9) kemarin.

Dikatakan Kapolres, Slamet yang sudah hamipir satu bulan menjadi buronan pembunuhan itu, ditangkap di rumah temannya sendiri di Nagari Kandang Baru, Kecamatan Sijunjung, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, Selasa (13/9) sekitar pukul 16.00 WIB. Tertangkapnya Joko atas laporan dari Polres Kabaupaten Kaur, dimana pelaku merupakan Daftar Pencarian Orang (DPO) dari Polres Kaur. Kemudian menindaklanjuti adanya laporan dari masyarakat Nagari Kandang Baru Sijunjung, bahwa ada warga baru di sebuah rumah tempat pembuatan perabot di daerah setempat. Setelah mendapatkan informasi itu, tim Buru Sergap (Buser) Polres Sijunjung langsung bergerak menuju rumah yang dilaporkan masyarakat setempat. Setelah melihat dan menyocokan ciri-ciri dari gambar yang dikirim pihak Polres Kaur, akhirnya pelaku pembunuh sadis itu langsung ditangkap dan digiring ke Mapolres Sijunjung, untuk dimintai keterangan lebih lanjut. Setelah itu, pelaku baru dilimpahkan ke Mapolres Kaur untuk diproses lebih lanjut. “Nanti kalau pelakunya sudah tiba di Polres akan kita kabari, yang ini merupakan pelaku utama, dan untuk keterlibatan pelaku lain masih kita buru,” jelas Kapolres. Sekedar mengingatkan, terungkapnya pembunuhan ini, berawal dari peristiwa penemuan mayat pria paruh baya dengan kondisi membusuk dan kulit sudah mengelupas itu Senin (29/8) sekitar pukul 11.00 WIB disekitar jurang jalan kebun Air Kemang kebun kopi desa Ulak Bandung. Penuman mayat itu, berawal ada laporan orang hilang di RT 04 Dusun Air Kemang, petani kopi ini ditemukan pertama kali oleh Santosa dan Legiman saat melintas di lokasi kejadian, karena pada saat itu warga curiga melihat karung berlumur lalat dan bau tak sedap. Karena merasa curiga warga langsung mengecek karung berbalut plastik terpal hitam besar itu. Namun saat dibuka, warga kaget ketika melihat sosok mayat dengan kondisi membusuk. Melihat kejadian itu, warga langsung bergegas pergi memberitahu warga setempat dan melaporkan peristiwa itu ke Polisi. Mendapati laporan itum anggota polsek Muara Sahung melakukan olah TKP.(618)

Tags :
Kategori :

Terkait