Jelang Idul Adha, Waspada Pencurian Ternak

Senin 05-09-2016,13:10 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

TUBEI, Bengkulu Ekspress- Mendekati Hari Raya Idul Adha 1437 H yang tinggal menyisakan beberapa hari lagi, membuat warga yang memiliki hewan ternak seperti kambing, sapi, kerbau, ayam maupun bebek yang biasa dijadikan hewan potong menjelang lebaran diminta meningkatkan kewaspadaan. Hal ini disampaikan Kapolres Lebong, AKBP Zainul Arifin SE MH didampingi Kasat Reskrim AKP Tatar Insan SH.

\"Kita imbau kepada pemilik ternak untuk meningkatkan kewaspadaan. Termasuk pengusaha tempat penjualan hewan ternak, kewaspadaan ini diperlukan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,\" kata Kapolres.

Dijelaskan Kapolres, langkah antisipasi bisa dilakukan dengan berbagai cara, misalnya dengan mengunci setiap kandang hewan ternak mereka. Tidak melepas sembarangan hewan ternak mereka pada siang atau malam hari. Selain itu, hewan ternak milik mereka juga jangan terlalu sering lepas dari pengawasan.

\"Kalau dilepas sembarangan, selain berpotensi dicuri kawanan pelaku curnak, juga melanggar perda dan bisa saja terjaring razia Satpol PP Pemda Lebong. Makanya kita imbau kepada warga jangan melepas hewan ternak mereka sembarang. Meskipun belum ada laporan aksi pencurian ternak, namun kita imbau warga tetap harus waspada,\" jelas Kapolres.

Selain mewaspadai terjadinya pencurian hewan ternak, masyarakat juga diimbau untuk meningkatkan kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat dimasing-masing wilayah desa, diharapkan pihak pemerintah desa bersama-sama dengan masyarakat bisa mengaktifkan kegiatan sistem keamanan lingkungan (Siskamling).

\"Dengan diaktifkannya siskamling, selain akan memberikan rasa aman yang lebih kepada masyarakat. Juga semakin memperkuat persatuan masyarakat disuatu desa dan pihaknya juga selalu melakukan patroli untuk menekan tindak kejahatan,\" pungkas Kapolres.(777)

Tags :
Kategori :

Terkait