Refreshing dan pacu adrenalin Menikmati Surga Dunia Arum Jeram Lebong

Senin 29-08-2016,09:10 WIB
Reporter : redaksi
Editor : redaksi

 Surga dunia arung jeram yang ada di Kabupaten Lebong yang memiliki potensi alam yang sangat bagus. Sehingga perlu dipromosikan untuk menunjang pariwisata.

Erick Voniker Doris - LEBONG

SEBAGAI Pelindung Fedrasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Pemprov Bengkulu, Kapolda Bengkulu Brigjend Pol Drs M Ghufron MM MSi terus menggalakan bagi daerah-daerah yang ada di Provinsi Bengkulu, untuk mengembangkan potensi arung jeram yang ada agar bisa dikenal dimanapun.

Seperti yang dilakukan kemarin (28/8) Kapolda menjajal surga dunia arung jeram yang ada di Kabupaten Lebong yang memiliki potensi alam yang sangat bagus.

Perjalanan arum jeram dilakukan Kapolda Bengkulu, Bupati Lebong Rosjonsyah, Bupati Bengkulu Selatan H Dirwan Mahmud SH, mantan Kapolda Bengkulu Brigjen Pol (Purn) Ruslan Riza, Direktur RB Media Group H Muslimin, dan peserta lainnya.

Dimulai dari Desa Tapus sebagai garis startnya dan selanjutnya setelah 1,5 jam perjalanan tiba di pos persinggahan yang berada di Desa Ketelan. Setelah istirahat sejenak, rombongan kembali melanjutkan perjalanan ke garis finish di Desa Talang Ratu KAbupaten Lebong.

Selain potensi debit air yang mencukupi untuk ber arum jeram dengan kesulitan tersendiri di setiap tantangan, para peserta disuguhi alam hutan sepanjang jalan dan melewati sebuah terowongan yang sangat memanjakan mata, hanya saja karena arung jeram yang ada di Lebong merupakan kegiatan yang baru. Sehingga masih ada yang perlu diperbaiki sehingga bisa menjadikan wisata olahraga air ini bisa menarik pengunjung lebih banyak lagi.

\"Disini debit airnya sangat cukup, tinggal nanti titik start dan ada sebagian di perjalanan dan garis finish yang harus dirapikan karena disini (lebong) arum jeramnya sangat menantang,\" jelas Kapolda, Sebagai Pelindung FAJI Provinsi Bengkulu, kemarin (28/8).

Dengan dilakukannya perbaikan dibeberapa sektor pendukung kegiatan, nantinya kedepan wisata air arum jeram bisa menjadi alternatif olahraga wisata alam bagi orang-orang yang memiliki adrenalin yang tinggi. Selain itu juga, kegiatan arung jeram ini merupakan salah satu penyaluran bagi siapapun yang ingn menjadi atlet arum jeram.

\"Mudah-mudahan dengan cara ini kita memiliki daya saing dalam rangka mempertahankan wilayah kita,\" ujarnya.

Bupati Bengkulu Selatan H Dirwan Mahmud SH yang ikut dalam arung jeram kemarin sangat mengagumi arung jeram yang ada di Lebong yang memiliki tantangan tersendiri yang memang berbeda dengan arum jerang yang ada di Bengkulu Selatan yang mana kalau di Bengkulu Selatan perjalanannya di kelilingi bukit-bukit dan memiliki spesifikasi dan untuk di Lebong ada yang melewati terowongan.

\"Mudah-mudahan Lebong dan Bengkulu Selatan bisa kita jual kepada daerah-daerah lain di bawah pelindung FAJI bapak Kapolda kita,\" jelasnya.

Sementara Bupati Lebong Rosjonsyah, mengatakan bahwa dirinya pertama kali mengikuti arung jeram yang ada di Kabupaten yang telah lama dipimpinnya ini. Selama ini dirinya hanya mendengar cerita dari mulut ke mulut bahwa potensi arung jeram yang ada di daerahnya sangat bagus.

\"Selama ini saya hanya mendengar cerita dan hari in (kemarin) saya terjun sendiri bersama Bapak Kapolda, Bupati Bengkulu Selatan dan Purnawirawan Polda Bengkulu Ruslan Riza bersama dengan yang lainnya,\" ceritanya.

Dengan adanya potensi arung jeram yang sangat menjanjikan ini, Rosjonsyah, dengan semangat mengatakan kedepan pemerintah daerah Lebong bersama DPRD Lebong, akan memajukan dan menganggarkan khususnya olahraga arung jeram.

\"Supaya nanti Lebong bisa menjadi tuan rumah kegiatan arung jeram,\" jelasnya.

Selain itu, kedepannya juga pihaknya kan menjaring atlet-atlet nasional arum jeram dan di dasari dengan terus latihan dari pelatih profesional seperti Pak Abud. Mudah-mudahan ini sektor untuk mempromosikan daerah dan ini juga bisa mendapatkan pendapatananggaran daerah (PAD).

Kedepannya, nanti juga akan menjaring atlet-atlet nasional arum jeram dan didasari dengan terus latihan dari pelatih profesional dengan pak Abud, mudah-mudahan ini sektor untuk mempromosikan daerah dan ini juga bisa mendapatkan pendapatan anggaran daerah (PAD).

\"Saya yakin dengan keindahan alam ini bisa mendatangkan turis-turis dari luar juga mendatangkan PAD dan perekonomian masyarakat,\" jelasnya. (**)

Tags :
Kategori :

Terkait