Rejang Lebong Dapat Bantun 45 Traktor Tangan

Kamis 04-08-2016,10:40 WIB
Reporter : redaksi
Editor : redaksi

CURUP, BE - Untuk meningkatkan hasil pertanian di Kabupaten Rejang Lebong. Dinas Pertanian Kabupaten Rejang Lebong mendapat bantuan sebanyak 45 hentraktor tangan. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Rejang Lebong, Akhmad Rivai.

\"Kita saat ini sudha mendapat bantuan 45 traktor tangan dan segera akan kita serahkan kepada para petani ita,\" ungkap Akhmad Rivai.

Menurut Akhmad Rivai, 45 traktor tangan tersebut berasal dari Kementerian Pertanian RI dan Dinas Pertanian Kabupaten Rejang Lebong. Dari 45 traktor tangan tersebut dengan rincian 35 unit dari Kementerian Pertanian RI dan sisanya sebanyak 10 unit dari Dinas Pertanian Provinsi Bengkulu.

\"Dari 45 traktor tangan yang kita terima 35 unit dari Kementerian Pertanian sisanya dari Dinas Pertanian Provinsi Bengkulu,\" jelas Akhmad Rivai.

Lebih lanjut ia menjelaskan, bantuan traktor tangan ini akan diberikan kepada kelompok tani yang ada di 15 kecamatan yang ada di Kabupaten Rejang Lebong. Rencanya penyerahan traktor tangan ini akan diserahkan secara simboloh oleh Bupati Rejang Lebong, DR (HC) H A Hijazi SH MSi.

Terkait dengan proses penyerahannya sendiri, menurut Akhmad Rivai, saat ini pihaknya tengah melakukan survey kepada sejumlah kelompok tani dengan sistem survey calon penerima bantuan dan calon lokasi (CBCL). Survey yang dilakukan tersebut berdasarkan usulan yang disampaikan masing-masing kelompok kepada Dinas Pertanian Kabupaten Rejang Lebong.

Akhmad Rivai mengaku, dalam pembagian traktor tangan ini Dinas Pertanian Kabupaten Rejang Lebong sangat hati-hati. Hal tersebut dilakukan dalamn upaya untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan seperti pembagian yang tidak tepat sasaran. Kemudain pembagian yang tidak tepat peruntukan dan lokasinya.

\"Dalam memberikan bantuan ini dilakukan dengan sikap kehati-hatian, jangan sampai tidak tepat sasaran terlebih diberikan pelada kelompok yang tidak memiliki lahan atau kelompok tani fiktif,\" papar Akhmad.

Disisi lain, Kepala Bidang Pengelolaan Lahan Air dan Perlindungan Tanaman Dinas Pertanian Kabupaten Rejang Lebong, Selamet Riadi menambahkan, setelah dibagikan traktor tangan. Penerimanya akan mendapat pengawasan dari Dinas Pertanian Kabupaten Rejang Lebong dan jajaran TNI dari Kodim 0409/Rejang Lebong.

\"Bantuan traktor tangan ini merupakan bagian dari program swasembada pangan tahun 2017 mendatang, sehingga dalam pelaksanaannya juga melibatkan jajaran TNI khususnya dalam hal pengawasan,\" terang Selamet.(251)

Tags :
Kategori :

Terkait