Siswa SMAN 2 dan SMAN 5 jadi Paskibraka Nasional

Kamis 28-07-2016,10:50 WIB
Reporter : redaksi
Editor : redaksi

BENGKULU, BE - Setelah mengikuti tahap seleksi di Jakarta, akhirnya dua calon nasional (canas) pengibar bendera pusaka (Paskibraka) asal Provinsi Bengkulu ditetapkan. Dari empat Canas sudah terpilih dua pasukan (Paskibraka) yang bertugas pada upacara peringatan hari ulang tahun Republik Indonesia (HUT RI) 17 Agustus 2016 di Istana Negara. Kedua pelajar yang terpilih tersebut berasal dari Kota Bengkulu, yaitu Tasya Nabilah dari SMAN 5 dan Ilham Masaid dari SMAN 2.

Menurut Kabid Kepemudaan Dispora Provinsi Bengkulu Diraswan pada BE kemarin (27/7), setelah melalui rangkaian seleksi sejak Mei lalu sudah terpilih 56 orang calon paskibra, baik dari kota maupun berasal dari kabupaten. Dari 56 pelajar tersebut dipilihlah empat wakil dari pelajar yang mengikuti seleksi Nasional (seleknas) di Jakarta Pusat.

\"Hanya dua orang yang mewakili Bengkulu untuk di Jakarta yang dinilai terbaik oleh panitia seleknas menjadi petugas dalam puncak HUT RI 17 Agustus 2016,\" terangnya.

Untuk paskibraka tingkat Provinsi Bengkulu yang akan menjadi petugas pada puncak nanti berjumlah 54 orang. Mereka direncanakan mulai mengikuti pendidikan dan latihan (Diklat) serta karantina pada tanggal 4-18 Agustus 2016 sesuai jadwal.

\"Adapun tujuan diadakannya diklat dan karantina itu demi memudahkan dalam mempersiapkan paskibraka yang bertugas di Gedung Daerah Provinsi Bengkulu,\" ucapnya.

Selain itu, Diraswan menambahkan, instruktur yang mendidik dan mengajari paskibra langsung dari Korem 041 Bengkulu. Dengan dibantu Purnawirawan Paskibraka Indonesia (PPI) Bengkulu yang akan memberikan arahan dan materi bagi Paskibra.

\"Kita harapkan dengan bantuan TNI dan PPI semua paskibra bisa belajar dengan baik, disiplin dan semangat sehingga apa yang dilatih selama ini tidak sia-sia,\" ujarnya.

Ditambahkannya, seperti tahun-tahun yang sudah, setelah kegiatan selesai hingga pelaksanaan tugas, para peserta paskibra biasanya diberikan reward oleh Pemerintah Bengkulu kerena telah mengemban tugas yang berat.

\"Penghargaan tetap ada, namun masih dalam rahasia kita karena kita akan memberi tahu apa rewardnya setelah petugas dari Jakarta kembali lagi ke Provinsi Bengkulu,\" tutupnya kepada BE. (cw2)

Tags :
Kategori :

Terkait