17 Menteri Diundang Ke Enggano

Kamis 30-06-2016,10:20 WIB
Reporter : redaksi
Editor : redaksi

ARGA MAKMUR, BE-Pulau Enggano akan menjadi pusat peringatan hari ulang tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-71. Rencananya akan mengundang para menteri untuk menghadiri perayaan Kemerdekaan di Pulau terdepan Indonesia ini.

\"Rencana ini sudah diagendakan sejak lama, untuk itu kita memerlukan tahapan agar acara tersebut sukses. Mengingat tamu undangan bukan hanya dari Bengkulu saja, melainkan menteri juga kita undang,\" jelas Sekda BU, Drs Said Idrus Albar MM setelah selesai melakukan rapat membahas pelaksanaan HUT RI di Pulau Enggano, Rabu (29/6).

Lanjut Sekda, peringatan 17 Agustus dipusatkan di Pulau Enggano tentunya untuk memperkenalkan Kecamatan terjauh milik Kabupaten BU tersebut. Seperti potensi, budaya dan adat istiadat masyarakat setempat. Terlebih lagi pulau enggano difokuskan menjadi kawasan strategis wisata kedepannya. Sehingga perlu pengenalan awal kepada publik. \"Jika acara nanti berjalan sukses tentunya merupakan keuntungan tersendiri untuk Kabupaten Bengkulu Utara. Potensi pulau enggano diketahui publik,\" imbuh Sekda.

Untuk alat transportasi akan dibahas secara detail dalam rapat selanjutnya. Rencana awal Bupati, Wabup dan pejabat serta menteri menuju pulau enggano menggunakan pesawat.

Sementara panitia akan menggunakan kapal feri dan lebih awal berangkatnya. \"Rencana awal, panitia dan awak media berangkat tanggal 12 Agustus karena itu jadwal keberangkatan kapal. Sedangkan untuk bupati, menteri serta undangan penting lain menggunakan pesawat sebelum hari H,\" ujar Sekda.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten BU, Agus Haryanto SE MM yang tergabung dalam tim pelaksanaan HUT RI di Enggano mengatakan, berbagai kegiatan sudah direncanakan setelah pelaksaan upacara HUT RI nanti.

Seperti workshop pengelolaan PPKT, Bakti Sosial, bersih pantai, penukaran uang dari Bank Indonesia, Aksi Tepian Negeri Program Adopsi pulau oleh Universitas Bengkulu. Selain itu ada bantuan yang akan diberikan, seperti dermaga apung, becak motor sebagai alat pegangkut air minum, penguat sinyal, alat selam dan bantuan kegiatan peningatakan fasilitas pemuda. \"Secara keseluruhan semua rencana sudah dibahas dalam rapat. Kedepan tahapan demi tahapan akan kita bahas agar acara berjalan sukses,\" kata Agus.

Sementara itu Camat Enggano, Marlansius mengatakan kesiapannya menyambut peringatan HUT RI dipusatkan di Enggano tersebut. Karena acara seperti ini baru pertama kali dilaksanakan di Enggano, Marlansius mengaku akan mempersiapkan segala sesutu secara maksimal untuk menyambut tamu undangan. \"Kami siap menyambut semua tamu undangan, mereka akan mengetahui langsung seperti apa kebudayaan enggano dan potensi yang dimiliki,\" tegas Marlansius.

17 menteri akan diundang antara lain Kemenkopolhutkam, Kemendagri, Kementrian Pertahanan, Kementerian Luar Negeri, Kementrian Perhubungan, Kementrian Pekerjaan Umum (PU), Kementrian ESDM, Kementrian Kesehatan, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Kemenkumham, Kementrian Kehutanan dan Lingkungan Hidup, Kementerian Perencanaan dan pembangunan Nasional, Kementrian Desa Transmigrasi dan PDT, Kemenkominfo, Kemenpora, Polri, BIN, dan tamu undangan lain(167)

Tags :
Kategori :

Terkait