Tunggakan Pelanggan Rp 110 Juta

Kamis 16-06-2016,13:00 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

BENTENG, BE - Meski telah memberikan pelayanan air bersih secara optimal, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Rafflesia Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) menyesalkan tingkah laku sejumlah pelanggan yang membandel dalam melakukan pembayaran rutin. Kepada BE, Direktur PDAM Tirta Rafflesia Kabupaten Bengkulu Tengah Siti Yuningsih AZ SE mengaku,  tunggakan pelanggan hingga saat ini sudah mencapai Rp 110 juta. \"Dari hasil perhitungan yang telah kita lakukan, tunggakan pelanggan saat ini sudah mencapai Rp 110 juta. Yakni dimulai dari tahun 2012 hingga Juni tahun 2016 ini,\" jelas Siti. Siti mengaku, tunggakan itu muncul akibat kesadaran warga akan pentingnya membayar pajak masih sangat rendah. Kendati demikian, ia enggan menyampaikan secara terperinci identitas dari para pelanggan yang menunggak. \"Tunggakan pembayaran ini didominasi oleh pelanggan dari sektor rumah tangga,\" ungkapnya. Lebih lanjut ia menjelaskan, untuk menekan tingginya tunggakan tersebut, pihaknya sudah melakukan berbagai upaya persuasif (pendekatan) agar pelanggan segera melakukan pelunasan. Salah satunya adalah dengan mendatangi langsung warga yang bersangkutan dan meminta kejelasan terkait tunggakan tersebut. \"Jika telah melakukan penunggakan selama 3 bulan, kita akan langsung bertindak. Sebagai langkah awal, kita akan memberikan peringatan secara bertahap selama tiga kali. Setelah itu, kita akan meminta mereka membuat surat perjanjian dan melakukan pembayaran. Minimal hanya ada tiga bulan yang belum terbayarkan,\" tukas Siti. Jika setelah diterbitkan surat perjanjian pembayaran, namun tungggakan belum juga dibayar, maka pihaknya tentu tak bisa memberikan dispensasi kepada pelanggan tersebut. Sebab itu, ia meminta agar para pelanggan lebih peduli dan bisa melakukan pembayaran secara rutin untuk setiap penggunaan air bersih perbulannya. \"Jika masih membandel dan tak mampu lagi membayar, terpaksa aliran air akan kita  hentikan. Kami meminta agar masyarakat bisa berkerjasama dengan PDAM dengan melakukan kewajiban pembayaran secara rutin.  Jika teus menunggak, PDAM tidak akan maju,\" tandas Siti.(135)

Tags :
Kategori :

Terkait