Rejang Lebong Jalin Kerjasama dengan Kulon Progo

Senin 23-05-2016,10:40 WIB
Reporter : redaksi
Editor : redaksi

CURUP, BE - Dalam mengembangkan potensi wisata, kebudayaan dan ekonomi yang ada di Kabupaten Rejang Lebong, Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Kulon Progo Daerah Istimewa Yogyakarta. Kerjasama tersebut tertuang dalam penandatangan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) antara Bupati Rejang Lebong dan Bupati Kulon Progo.

Penandatanganan MoU tersebut dilaksanakan di Rumah Dinas Bupati Rejang Lebong di Jalan Sukowati Curup pada Sabtu (21/5) siang.

\"Kerjasama yang kita jalin ini mengenai bidang pariwisata, kebudayaan dan ekonomi,\" ungkap Bupati Kulon Progo, dr H Hasto Wardoyo, SpOG(K).

Dalam kesempatan tersebut, Hasto sedikit menjelaskan pengelolaan pariwisata di Kulon Progo. Salah satunya yaitu pengelolaan bidang kepariwisataan yang menonjol yaitu wisata sejarah. Oleh karena itu, ia berharap agar wisata sejarah di Rejang Lebong bisa dikembangkan sehingga bisa menjadi destinasi wisata baru dan dapat menarik kunjungan wisatawan.

Di sisi lain, ia juga menjelaskan, kedatangan dirinya dan rombongan lainnya selain untuk menandatangai MoU terkait pariwisata, kebudayaan dan ekonomi, juga untuk menyambangi kerabat mereka di Desa Tak Toi Kecamatan Padang Ulak Tanding. Karena menurut Hasto, warga Desa Taktoi awalnya adalah warga Kulon Progo yang ikut program \'bedol desa\' atau transmigrasi ke Rejang Lebong dan saat ini sudah menjadi warga Rejang Lebong.

\"Kedatangan kita ke sini juga untuk bersilaturahmi dengan warga Kulon Progo yang ikut program bedol desa ke Desa Taktoi Kecamatan Padang Ulak Tanding,\" jelasnya.

Sementara itu, Bupati Rejang Lebong DR (HC) H A Hijazi SH MSi mengungkapkan bahwa kerjasama yang dilakukan Pemkab Rejang Lebong dengan Pemkab Kulon Progo akan dilakukan secara komprehensif dan akan ditindaklanjuti oleh dinas intansi terkait yang ada di Rejang Lebong.

\"Kerjasama ini akan segera kita tindaklanjuti bersama dinas intansi terkait, dimana kita akan lebih mengutamakan mana yang bisa segera dilaksanakan sehingga kerjasama ini bisa segera terealisasi,\" jelas bupati.

Bahkan menurut bupati, dalam menindaklanjuti kerjasama tersebut, tidak menutup kemungkinan Pemkab Rejang Lebong yang akan berkunjung ke Kabupaten Kulon Progo sehingga kerjasama yang dijalin bisa berjalan dengan baik.

Dalam kunjungan ke Rejang Lebong tersebut, Bupati Kulon Progo didampingi oleh Ketua TP PKK Kulon Progo, Sri Wahyu Widati, Ketua DPRD Kulon Progo, Akhid Nuryati bersama sejumlah Kepala SKPD terkait. Rombongan tiba di Rejang Lebong sekitar pukul 13.00 WIB. Rombongan disambut dengan penyambutan adat oleh Bupati Rejang Lebong bersama unsur FKPD Rejang Lebong. (251)

Tags :
Kategori :

Terkait