Tingkatkan Produktivitas Padi, Susi Marleny Bachsin Bantu Alat Pertanian

Kamis 05-05-2016,07:01 WIB

KAUR, BE - Anggota DPR RI  fraksi Gerindra Dapil Bengkulu, Susi Marleny Bachsin melalui dana aspirasinya memberikan bantuan 125 unit handtractor dan puluhan alat pertanian lainnya seperti mesin tanam bibit padi, mesin pompa air, Mesin untuk panen padi dan thereser multiguna kepada puluhan kelompok tani di Kabupaten Kaur, Rabu (4/5/2016). Secara simbolis Susi menyerahkan alat bantu pertanian kepada kelompok tani di Desa Talang Tais Kecamatan Kelam Tengah.

Susi berharap bantuan alat pertanian ini nantinya dapat dimanfaatkan para kelompok tani untuk memperluas lahan persawahan dan meningkat hasil produktivitas padi Di Kabupaten Kaur.

\"Bantuan tersebut akan dikucurkan secara bertahap hingga akhir tahun 2016,\" tambah Susi.

Ia berjanji bantuan alat tani tidak berhenti sampai di sini saja bahkan setiap kelompok tani di seluruh kabupaten di Provinsi Bengkulu juga akan dibantu melalui dana aspirasinya.

Sementara Plt Kepala Dinas Pertanian Kaur Nasrul Rahman mengatakan, bantuan handtractor bulan ini baru tiba 25 unit. Sementara 100 unit lainnya akan menyusul secara bertahap sesuai keadaan lahan persawahan di Kaur.

\"Bantuan ini akan difokuskan untuk lahan percetakan sawah baru di Padang Guci Hulu dan Padang Guci Hilir,\" katanya.

Nasrul memastikan tetap akan menyalurkan handtraktor tersebut pada kelompok tani di 13 kecamatan lain. Agar bantuan tidak tumpang tindih, pihaknya akan menurunkan tim untuk mengecek calon penerima.

\"Memastikan kelompok penerima tahun ini beda dengan tahun sebelumnya,\" tuturnya.

Seperti diketahui lahan sawah di Kaur sejak beberapa tahun terakhir mengalami peningkatan. Awalnya tahun 2013 yang lalu hanya 7.000 hektare, kini sudah mencapai 8.000 hektare lebih. Ini belum ditambah dengan lahan cetak baru di Pagulir yang sedang jalan.

Dengan bantuan alat-alat dan sarana prasarana pertanian yang diberikan anggota DPR RI fraksi Gerindra Dapil Bengkulu Susi Marleny Bachsin, pihaknya yakin Kabupaten Kaur akan jadi daerah penghasil beras. Karena di Kaur masih banyak lahan potensi sawah yang belum tergarap. (**)

Tags :
Kategori :

Terkait