Gerhana Matahari Total di Mukomuko, Kota Bengkulu 90 Persen

Jumat 04-03-2016,22:09 WIB

BENGKULU, bengkuluekspress.com - Provinsi Bengkulu menjadi daerah pertama yang mengalami gerhana matahari total pada tanggal 9 Maret 2016. Kabupaten Mukomuko menjadi lokasi yang mengalami gerhana 100 persen. Sedangkan Kota Bengkulu sekitar 90 persen.

Kepala BMKG Provinsi Bengkulu Edi Siswantoro mengatakan, di Provinsi Bengkulu gerhana akan terjadi pada pagi hari.

\"Puncak Gerhana di Bengkulu akan terjadi pada pukul 07.19 WIB. Namun Gerhana matahari total sendiri dimulai pada pukul 06.20 WIB,\" terangnya, Jumat (04/03/2016)

Ini menjadi kejadian yang sangat menarik. Karena Indonesia merupaka satu-satunya negara yang dilalui oleh Gerhana matahari total. Sedangkan daerah lain yang dilewati adalah lautan.

\"Ini saya yakin sangat bermanfaat untuk pariwisata Karena bisa menyedot animo masyarakat terhadap peristiwa yang sangat langka,\" kata Edi.

Setelah melintas di wilayah Bengkulu, kata Edi, gerhana akan berangsur-angsur melewati Palembang, Belitung, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah dan Ternate. Di kota Bengkulu kegiatan menyambut gerhana matahari dipusatkan di kawasan wisata Benteng Marlborough. (Dil)

Tags :
Kategori :

Terkait