Disnakan Rejang Lebong Pastikan Hewan Kurban Cukup

Selasa 25-08-2015,10:20 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

CURUP, BE - Menjelang dilaksanakannya perayaan Idul Adha 1436 Hijriah atau Hari Raya Kurban, Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten Rejang Lebong memastikan ketersediaan hewan kurban aman.

\"Untuk saat ini kita pastikan jumlah hewan kurban yang tersedia cukup untuk kebutuhan di Rejang Lebong ini,\" ungkap Kepala Disnakan Rejang Lebong, Ir Amrul Eby.

Hanya saja menurut Eby, pihaknya belum melakukan pemantauan terkait dengan jumlah hewan kurban yang sudah tersedia. Namun berdasarkan pengamatan yang mereka lakukan selama ini jumlah hewan yang ada di Rejang Lebong cukup.

Lebih lanjut ia menjelaskan, untuk memastikan jumlah hewan kurban yang siap dikurbankan pada Idul Adha nanti. Dalam waktu dekat ini pihaknya akan melakukan pendataan hewan kurban yang ada di Rejang Lebong.

\"Selain mendata jumlah hewan kurban yang siap dikurbankan, kita juga akan langsung melakukan pengecekan kesehatan hewan yang akan dikurbankan tersebut, apakah benar-benar layak dari segi kesehatan atau tidaknya,\" tambah Eby.

Dalam kesempatan tersebut, Eby juga mengimbau kepada masyarakat yang hendak melakukan kurban untuk segera menyiapkan hewan kurban dari sekarang. Karena menurut Eby saat ini fluktuasi harga hewan kurban terus mengalami peningkatan. Bahkan tidak menutup kemungkinan saat menjelang hari raya Idul Adha nanti, harga hewan kurban melambung tinggi. Untuk harga hewan kurban terutama jenis sapi saat ini berkisar antara Rp 11 juta hingga Rp 13 juta. Namun saat mendekati Idul Adha nanti bisa mencapai lebih dari Rp 15 juta.

\"Selain harga yang tinggi, bisa juga stok hewannya sendiri sudah sedikit, karena ada kemungkinan hewan-hewan kurban dari daerah Rejang Lebong ini akan dibawa keluar,\" jelas Eby.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Eby mengaku pihaknya telah mengeluarkan surat imbauan kepada panitia kurban dan masyarakat yang akan melakukan kurban sendiri. Imbauan tersebut nantinya akan mereka sampaikan kepada camata kemudian akan diteruskan ke kades atau lurah selanjutnya ke panitia atau masyarakat.

\"Untuk memastikan kesehatan hewan kurban, petugas kami siap untuk melakukan pengecekan kesehatan. Baik dengan cara memanggil petugas kita yang ada di Puskeswan maupun dinas atau masyarakat mendatang langsung Puskeswan untuk melakukan pengecekan kesehatan,\" demikian Eby. (251)

Tags :
Kategori :

Terkait