Pulau Baai Dicanangkan Jadi Outlet Ekspor dan Impor

Sabtu 14-03-2015,13:44 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

 

BENGKULU, Bengkuluekspress.com - Sejak Pukul 07.00 WIB, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan sudah melangkahkan kakinya menuju ke beberapa infrastruktur transportasi di Kota Bengkulu. Ada 3 lokasi yang dikunjungi oleh Jonan yakni Pelabuhan Pulai Baai, Terminal Betungan dan Bandara Fatmawati Kota Bengkulu.

Dalam kunjungan ke 3 lokasi selama 2 jam tersebut ada beberapa hal yang disampaikan Jonan terkait pengembangan sarana Transportasi baik darat, laut dan udara.

Jonan berencana mengoptimalkan pembangunan pelabuhan  Pulau Baai menjadi penyanggah pelabuhan Tanjung Priuk dan Teluk Bayur dan Pelabuhan yang ada di Provinsi Lampung.

\"Kalau Pelabuhan Pulau Baai bisa menjadi outlet keluar masuknya ekspor dan impor dari Bengkulu maka dapat mengurangi beban di Pelabuhan Tanjung Priuk dari padang dan Lampung. Hal ini memungkinkan karena pelabuhan Pulau Baai memiliki areal kolam yang cukup lebar,\" ujar Jonan.

Menhub juga berencana mengembangkan Bandara Fatmawati menjadi embarkasi penuh. Kemudian Terminal Regional akan dikembangkan dengan menyediakan setidaknya 20 Bis dengan kapasitas 12-20 penumpang.

\"Namun hal  ini perlu dikaji lagi mengingat banyak jalan di Provinsi Bengkulu, terutama jalan antar kabupaten masih sempit,\" beber Jonan

Menurut mantan Dirut PT KAI ini, bila nanti pengembangan sarana transportasi di Provinsi Bengkulu bisa berjalan otomatis bisa meningkatkan perekonomian masyarakat Bengkulu. (adw)

Tags :
Kategori :

Terkait