Harga Jahe Anjlok

Selasa 15-07-2014,21:08 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

BINTUHAN,BE-Bulan ramadhan tidak semua komoditi pertanian harganya naik. Hal ini terbukti seperti harga jahe merah sangat murah. Ditingkat petani hanya Rp 1.500 perkilogram. Melihat harga seperti ini petani kerap mengeluh dan enggan memanen tanaman jahe yang siap panen.

“Untuk harga jahe merea ini tidak menentu. Ini yang membuat kami tidak ingin panen. Padahal jika dipanen hasilnya mencapai 35 ton lebih,”ujar  Putra (32) petani Jahe merah asal Desa Tanjung Kemuning, Kecamatan Kaur Tengah, kemarin.

Dikatakanya, petani jahe merah di kecamatan  cukup banyak. Mereka pun belum memanen jahenya, karena harga jual tidak sesuai dengan biaya operasional perawatan.  Saat ini  mereka berharap kepada pemerintah dapat memperhatian  petani budidaya jahe merah. Paling tidak mencarikan  penampung jahe merah, mengingat minat warga menanam jahe merah tinggi.

“Kalau dikumpulkan jahe merah siap panen semuanya bisa menghasilakan 100 ton lebih. Jumlah tersebut sudah layak dijadikan sebagai  bahan pertimbangan  pemerintah untuk membangun pabrik jahe,”harapnya.

Ditambahkannya, saat ini luas lahan ditanami jahe merah 30 hektar lebih. Namun kebdalah terbesar yang dialami oleh petani adalah tidak adanya penampung dalam skala besar.

Ini juga mempengaruh dengan muruahnya harga jual jahe merah. Jika ini dibiarkan dikhwatirkan  jumlah warga  yang membudidayakan tanaman jahe merah tersebut. “Karena saat ini warga sangat serius membudidayakan tanaman jahe merah ini,  makanya itu diharapan ada perhatian khusus dari pemerintah,”harapnya.(618)

Tags :
Kategori :

Terkait