Takjil Bebas Pengawet

Selasa 15-07-2014,20:33 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

TAIS, BE- Dengan mengerahkan satu unit mobil labfor, petugas Badan POM melakukan pemeriksaan sampel takjil dijual pedagang di Pasar Tais jalan Merdeka pukul 16.00 WIB – 17.30 WIB, Senin (14/7). Hasilnya dari 19 sampel makanan dan minuman yang diteliti tidak ditemukan mengandung pewarna tekstil Rhadomin-B warna merah serta pengawet lainnya.

“Dari 19 Sampel makanan diambil sampelnya keseluruhannya terbebas dari zat terlarang dan kita nyatakan bebas dari zat pengawet dan bagus untuk di konsumsi,” beber Kepala Balai POM Bengkulu, Drs Zulkifli Apt didampingi kadis Disperindagkop dan UKM, Rukman Ramli BE SSos.

Dijelaskan Samel makanan yang diteliti itu diantaranya, rujak mie, pempek, tahu,es campur,tempe, bolu kukus, gado-gado dan bakso. Menurutnya Rhodamin-B rawan di pergunakan untuk pembuatan rujak mie itu terdapat pada kerupuk warna merah.

Rujak mie itu ada beberapa bahan. Sedangkan untuk bahan pengawet jenis burak biasanya di temukan pada pempek. Namun untuk pasar Takjil di tais ini aman.

“Dari beberapa kabupaten Kota tais termasuk aman dibandingkan dengan Kota Bengkulu dan Curup,” jelasnya. Pada dasarnya efeksamping dari zat  pengawet yang dipergunakan dalam makan memang belum dirasakan dalam waktu dekat ini.

Namun, ujar Zulkifli baru akan dirasakan dalam jangka waktu panjang. “Memang kita belum merasakannya dalam waktu dekat ini, tapi lama kelamaan akan merasakannya seperti kangker hati.” Singkatnya.(333)

Tags :
Kategori :

Terkait